Aplikasi Smart Rescue Madani, Inovasi DPKP untuk Minimalis Kerugian Kebakaran


Image : Aplikasi Smart Rescue Madani, Inovasi DPKP untuk Minimalis Kerugian Kebakaran
- Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Minimalisir kerugian akibat kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru membuat inovasi. Inovasi itu diberikan nama Smart Rescue Madani.

"Bentuk Inovasi Daerah Inovasi pelayanan publik, urusan Inovasi Daerah ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat," ujar Kepala DPKP Kota Pekanbaru Burhan Gurning, Selasa, (17/5).

Ia menyebut, capaian program dan kegiatan, ini dapat mengevaluasi keberhasilan dan hambatan serta permasalahan dalam melaksanakan program kegiatan. Sehingga program kegiatan dapat dilaksanakan secara efektif dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang telah diterapkan.

Lanjutnya, untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi harus memperhatikan indikator utama yang harus dicapai setiap OPD sesuai dengan visi dan misi yang sudah ditetapkan.

Berdasarkan Nomor: 11/KPTS/2000 tentang ketentuan teknis managemen penanggulangan bencana kebakaran gedung response time rate adalah 15 menit. Berdasarkan konsep tersebut penanganan penanggulangan bencana kebakaran masih jauh dari standar yang ditentukan.

Dampak ini mengakibatkan munculnya resiko seperti, besarnya kerugian yang diakibatkan bencana kebakaran, pelayanan masyarakat yang kurang profesional. Kemudian, penekanan terhadap resiko bencana kebakaran tidak maksimal, serta munculnya korban jiwa.

Mengacu pada visi Wali Kota Pekanbaru periode 2017-2022 "Terwujudnya Smart City Yang Madani" dengan salah satu misi mewujudkan lingkungan perkotaan yang layak huni (liberty city) dan ramah lingkungan (green city) berdasarkan visi dan misi tersebut Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru harus bergerak cepat, bertindak tepat dalam melayani masyarakat lebih profesional melalui program kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang telah diamanahkan didalam peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 98 Tahun 2018 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru.Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Walikota Pekanbaru 2017-2022.

Tujuan Inovasi Daerah ini membangun sistem managemen pelayanan informasi penanggulangan bencana kebakaran, meningkatkan pengadaan sarana dan prasarana, meningkatkan kompetensi SDM melalui Bimtek, meningkatkan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait, sosialisasi sistem managemen pelayanan informasi melalui media cetak, media elektronik; jangka menengah.

"Manfaat yang diperoleh terciptanya koordinasi anta stakeholder terkait, Kepolisian, PLN dan lembaga lainnya, terbangunnya Sitem Managemen Pelayanan Informasi Penanggulangan Bencana, Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana, tersedianya database setiap kejadian kebakaran dan bencana lain, Terwujudnya Response Time Rate 15 menit," pungkasnya. (Kominfo10/RD5)



Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[08/02/2023] Pemko Masih Matangkan Penerapan Sanksi Tipiring Sampah [08/02/2023] 2 Titik di Jalan Jenderal Sudirman Ditinggikan Kemen PUPR [08/02/2023] SP1 Tak Diindahkan, Satpol PP Pekanbaru Turun Tertibkan Bangunan Langgar GSB [08/02/2023] Raja Rilla Mustafa Ingatkan Ibu-ibu Sebagai Kunci Pangan Bergizi di Keluarga [07/02/2023] Pemko Pekanbaru Terus Matangkan Persiapan MTQ ke-55 [07/02/2023] Dinsos Salurkan Bantuan Makanan untuk Puluhan Orang Terlantar