Walikota Tegaskan THL Merupakan Tenaga Kerja Sementara


Image : Walikota Tegaskan THL Merupakan Tenaga Kerja Sementara
Walikota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST, MT, menegaskan bahwa Tenaga Harian Lepas (THL) merupakan tenaga temporary (sementara). THL direkrut apabila suatu OPD memiliki program kegiatan. 

Hal itu dikatakan Firdaus, saat menanggapi pertanyaan awak media terkait beberapa mantan THL pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru (DLHK) Pekanbaru melakukan orasi menuntut mereka dipekerjakan kembali. 

"Tenaga harian lepas itu tenaga temporary. Namanya saja harian lepas. Pada saat ada kegiatan dan dibutuhkan tenaga, maka mereka direkrut," ujar Firdaus, Rabu (6/1). 

Menurutnya, pada saat awal perekrutan itu sudah dijelaskan kepada mereka bahwasanya mereka hanya berstatus sebagai tenaga temporary. 

"Jadi, kalau hari ini mereka tidak dibutuhkan dalam kegiatan mereka tidak bisa menuntut. Kan dari awal sudah dibilang mereka ini THL hanya tenaga temporary bukan tenaga honor," jelasnya. 

Ia menilai, di lingkungan Pemko Pekanbaru tidak ada tenaga honor. Yang ada hanya tenaga kontrak.

"Siapa tenaga kontrak itu, seperti dari Satpol PP, petugas dari Damkar, tenaga kesehatan di RSD Madani. Itu kita rekrut melalui assesment," paparnya. 

Kembali ditegaskannya, THL itu merupakan kebijakan nya oleh kepala dinas. Jika suatu dinas membutuhkan tenaga yang diprogramkan pada sesuatu kegiatan, maka dilakukan perekrutan THL. 

"THL itu bila mana ada kegiatan, bilamana ada uang untuk membayar mereka," ulasnya. 

Orang nomor satu di Kota Pekanbaru ini juga berharap para THL bisa memahami status mereka. Mereka dipekerjakan dalam satu kegiatan dengan jangka waktu tertentu. 

"Saya juga minta kepala dinas jelaskan kepada teman teman itu, bahwa kegiatan yang membutuhkan tenaga mereka sudah tidak ada. Itu kebijakan kepala dinas dalam menjalankan kegiatan mereka," pungkasnya. (Kominfo6/RD2)

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[15/06/2021] Wawako Pekanbaru: PPKM di RW Zona Merah Diperpanjang [15/06/2021] 37 Kelurahan Ini Masih Berstatus Zona Merah Corona [15/06/2021] Tahun Ini Dishub Meterisasi 9.283 Titik LPJU [15/06/2021] Warga Sialang Rampai Antusias Ikuti Vaksinasi [15/06/2021] Penertiban, Petugas Satpol PP Sita Aset Milik PKL [15/06/2021] SE Habis, Pengusaha dan Masyarakat Diingatkan Tetap Terapkan Prokes