Wali Kota: Butuh Perubahan Pola Pikir untuk Ciptakan Smart City


Image : Wali Kota: Butuh Perubahan Pola Pikir untuk Ciptakan Smart City
Dr. H. Firdaus, S.T., M.T - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus menghadiri pembukaan Riset Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RTCI) ditaja Institut Teknologi Bandung (ITB) secara virtual dari Ruang Rapat Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (2/8). Acara ini membahas peningkatan sumber daya manusia guna menjalankan program Smart City. 

"Kegiatan Riset Transformasi Digital Indonesia dan Rating Kota Cerdas Indonesia ditaja Institut Teknologi Bandung (ITB) dipimpin wakil presiden. Kegiatan ini juga dihadiri Menteri Bappenas, Mendagri, Menkominfo, dan para guru besar," ujar Walikota Firdaus. 

Intinya acara ini adalah membangun smart city itu dalam konsep yang lebih komprehensif. Jadi, tak hanya penggunaan informasi dan teknologi (IT), tetapi adalah smart masyarakatnya dan smart kotanya. 

Kemudian, hal yang juga dibahas adalah penggunaan IT sebagai pendukungnya dalam bekerja. Tentu saja, smart manusianya diutamakan.

"Artinya, ada perubahan dalam pola berpikir dan perilaku. Jadi, inti dari smart city adalah bagaimana membangun masyarakat yang smart, sehingga kotanya menjadi smart," jelas Firdaus. (Kominfo1/RD1)

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[27/09/2021] Peserta Seleksi CPNS dan PPPK Non Guru Harus Jalani Rapid Test Antigen Sebelum Ujian SKD [27/09/2021] DLHK Tetapkan 112 Wadah Sampah [26/09/2021] Belasan RT-RW dan Pengurus PKK Kelurahan Kulim Dikukuhkan [26/09/2021] Kepala DLHK Imbau Masyarakat Buang Sampah Tepat Waktu [26/09/2021] Alat Berat Dinas PUPR Normalisasi Parit di Jalan Pemuda Kecamatan Payung Sekaki [25/09/2021] Camat Kulim Apresiasi Kegiatan Berbagi PAC Pemuda Pancasila