Total 917 Imigran Berada di Pekanbaru, Pemko Siapkan Tempat Lebih Layak


Image : Total 917 Imigran Berada di Pekanbaru, Pemko Siapkan Tempat Lebih Layak
Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Sejumlah lokasi penampungan imigran di Kota Pekanbaru mengalami kelebihan kapasitas. Pemerintah Kota (Pemko) berencana melakukan pemindahan ke lokasi penampungan baru. 

Total jumlah imigran yang berada di Kota Pekanbaru sebanyak 917 orang. Mereka berasal dari Afganistan, Pakistan, Irak, Iran, Somalia, Sudan, Rohingya.

Mereka menghuni delapan lokasi penampungan sementara di Kota Pekanbaru. Banyak lokasi penampungan ini sudah kelebihan kapasitas.

"Maka nanti kita bakal cari lokasi, agar para imigran berada di lokasi penampungan khusus yang layak," ujar Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Sabtu (19/6). 

Ia mengungkapkan, kondisi ini menjadi perhatian Pemerintah Kota Pekanbaru bersama instansi terkait. Para imigran bakal dipindahkan ke lokasi yang lebih layak. Banyak dari imigran kini terpaksa harus berdesakan tinggal di lokasi yang ditentukan.

Pihaknya telah melakukan relokasi atau pemindahan terhadap 45 pengungsi asal Afghanistan dari Wisma Satria, Jalan Teungku Chik Di Tiro ke Kos-kosan Nevada di Jalan Kartama, Rabu (16/6/2021) kemarin.

"Proses pemindahannya berjalan lancar. Di Kos-kosan Nevada, ada sekitar 40 kamar yang telah disiapkan sebagai tempat penampungan. Ada 5 KK pengungsi Afghanistan dengan jumlah sebanyak 45 orang yang sudah direlokasi," jelasnya. 

Ia menambahkan, untuk pengungsi lain pihaknya mempersiapkan rencana pemindahan sejumlah imigran ke lokasi yang lebih layak. Ia menyebut tim bakal mempersiapkannya dalam beberapa minggu ke depan.

Pemerintah kota bersama instansi terkait berupaya agar tidak terjadi penularan Covid-19. Mereka berupaya melakukan pengawasan terhadap aktivitas imigran di masa pandemi. (Kominfo6/RD2)

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[30/07/2021] Warga Pekanbaru Antusias Ikuti Vaksinasi di Gedung Guru [30/07/2021] Dishub Sudah Meterisasi LPJU di Tiga Rayon [30/07/2021] Tindakan Petugas Selama PPKM Level IV, Diantaranya 37 Orang Diamankan [30/07/2021] Disdik Bakal Tindak Tegas Sekolah yang Nekat Buka Saat PPKM Level 4 [30/07/2021] Belasan Pengunjung Warnet dan Playstation Disanksi Kerja Sosial [30/07/2021] Bapenda Berikan Berbagai Keringanan bagi Wajib Pajak Selama Pandemi