Tobek Godang Turut Berlakukan Keterangan Vaksinasi jadi Sarat Berurusan


Image : Tobek Godang Turut Berlakukan Keterangan Vaksinasi jadi Sarat Berurusan
Lurah Tobek Godang H. Yasir Arafat S.Sos - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Pemerintah Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, turut memberlakukan keterangan telah disuntik vaksin sebagai salah satu persaratan yang mesti dilampirkan warga saat mengurus berbagai keperluan di kantor kelurahan tersebut.

"Surat keterangan telah disuntik vaksin ini harus difoto kopi dan dilampirkan di dalam berkas permohonan," ujar Lurah Tobek Godang H. Yasir Arafat S.Sos, Jumat (11/6).

Disampaikannya, kebijakan itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Dasar hukumnya itu, Perpres Nomor 14 Tahun 2021," ungkapnya.

Meski dijadikan salah satu sarat yang harus dilampirkan, terang Yasir, namun pihak kelurahan tetap memproses permohonan warga yang belum disuntik vaksin dengan catatan ada keterangan dari dokter yang menyatakan warga bersangkutan tidak bisa divaksinasi karena masalah kesehatan.

"Jadi tetap ada pengecualian, bukan seluruhnya wajib melampirkan keterangan telah disuntik vaksin. Kalau memang ada keterangan dari dokter bawah yang bersangkutan tidak bisa divaksin, permohonannya tetap kita proses," tegas dia.

Disebutkan Yasir, dengan adanya sarat berupa keterangan telah disuntik vaksin, diharapkan bisa memotivasi warga agar segera menjalani vaksinasi yang kini tengah gencar dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru guna mencegah dan memutus sebaran wabah covid.

"Dalam hal ini, kita kan sifatnya hanya mengajak, tidak ada memaksa dan alhamdulillah antusias warga untuk bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi cukup tinggi," ucapnya.

"Karena yang perlu dipahami, vaksin ini kan tujuannya untuk menjaga kesehatan warga. Untuk memastikan warga aman dan tidak terpapar covid. Bagi warga yang paham dan mau mengerti, itu alhamdulillah sangat antusias mengikuti vaksinasi," tutup Yasir. (Kominfo2/RD1)

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[20/06/2021] Bakal Dibangun Ulang, Dishub Pekanbaru Hancurkan Beberapa Halte Rusak [19/06/2021] Total 917 Imigran Berada di Pekanbaru, Pemko Siapkan Tempat Lebih Layak [19/06/2021] Tiga Tahun Berturut Tidak RAT, Koperasi Dapat Dibubarkan [19/06/2021] Satpol PP Terus Edukasi dan Sosialisasikan Prokes [18/06/2021] Wawako Hadiri Verifikasi Lapangan Hybrid KLA Pekanbaru Secara Virtual [18/06/2021] DPMPTSP Pekanbaru Keluarkan Izin Operasional 176 Tempat Usaha di Masa Pandemi