Tingkatkan Layanan Perpustakaan, Dispusip: Inovasi Tak Perlu Rumit


Image : Tingkatkan Layanan Perpustakaan, Dispusip: Inovasi Tak Perlu Rumit
Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si melaksanakan kunjungan lapangan Perpustakaan Rencah Literasi SMPN 14 - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU – Perpustakaan saat ini dituntut untuk aktif memberikan layanan yang dibutuhkan pemustaka. Dalam memberikan layanan tersebut, perpustakaan harus mengacu pada efisiensi dan efektivitas waktu sehingga pemustaka merasa terpuaskan dengan layanan yang ada.

Untuk itu diperlukan sebuah inovasi layanan perpustakaan yang dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya literasi dan pengembangan ilmu pengetahuan bagi kehidupan sehari-hari.

“Inovasi itu tidak perlu yang rumit-rumit. Bisa hadir dari hal-hal yang sederhana. Misalnya di Kabupaten Rohul, mereka membuat inovasi untuk mengantarkan KTP dan KK ke rumah-rumah. Bagaimana menghadirkan inovasi dari hal-hal sederhana namun besar manfaatnya,” Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si melalui Kabid P4KM, Robert Panjaitan Se saat melaksanakan kunjungan lapangan Perpustakaan Rencah Literasi SMPN 14 pada Rabu (30/11).

Senada dengan hal tersebut, Kepala SMPN 14 Elvi Devita, S.Pd, M.Pd menyarankan masing-masing perpustakaan sekolah yang hadir mengikuti kegiatan Bimtek Perpustakaan Sekolah untuk memiliki keunikan tersendiri. Artinya belum ada dibuat, namun substansinya tetap berhubungan dengan koleksi buku.

“Itu semua bisa terwujud dengan komitmen. Kunci menata perpustakaan itu adalah kepala sekolah. Jika tidak komitmen, tentu perpustakaan tidak akan dapat berkembang,” ujarnya.

Berkat berbagai inovasi dan sinergisitas seluruh tim, Perpustakaan Rencah Literasi SMPN 14 berhasil meraih juara 1 dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP/MTs se Kota Pekanbaru tahun 2022. Salah satu inovasinya tanya jawab kelas literasi dan perpustakaan atau Tanjak Lipat yang merupakan sebuah terobosan bagi siswa untuk memperoleh informasi secara cepat melalui genggaman.

“Perpustakaan adalah roh sebuah sekolah. Tidak akan bermutu sekolah jika perpustakaan tidak aktif. Apakah sudah sesuai dengan standar, tentu ini perlu pembinaan dari berbagai pihak. Salah satunya Dispusip Pekanbaru. Kita tidak bisa berjalan sendiri, perlu bimbingan,” tutupnya. (Kominfo7/RD2)



Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[08/02/2023] Pemko Masih Matangkan Penerapan Sanksi Tipiring Sampah [08/02/2023] 2 Titik di Jalan Jenderal Sudirman Ditinggikan Kemen PUPR [08/02/2023] SP1 Tak Diindahkan, Satpol PP Pekanbaru Turun Tertibkan Bangunan Langgar GSB [08/02/2023] Raja Rilla Mustafa Ingatkan Ibu-ibu Sebagai Kunci Pangan Bergizi di Keluarga [07/02/2023] Pemko Pekanbaru Terus Matangkan Persiapan MTQ ke-55 [07/02/2023] Dinsos Salurkan Bantuan Makanan untuk Puluhan Orang Terlantar