Tiap Tahun Dinsos Gelar Pelatihan Bagi Keluarga Tak Mampu.


Image : Tiap Tahun Dinsos Gelar Pelatihan Bagi Keluarga Tak Mampu.
Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani. - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU -- Gelandangan dan pengemis (gepeng) dikategorikan orang tak mampu dari segi ekonomi. Untuk menekan jumlah masyarakat tak mampu di Kota Pekanbaru, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru tiap tahunnya rutin menggelar pelatihan.

Kepala Dinsos Kota Pekanbaru, Chairani, Rabu (19/2/2020) pagi mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan diantaranya pelatihan menyulam, perbengkelan dan pangkas rambut.

"Di Dinas Sosial ini konteksnya rehab mental. Masalah sosial ini tidak bisa serta merta mental itu langsung berubah. Pelatihan ini bukan hanya kewenangan Dinas Sosial saja. Bisa dinas mana saja, seperti Disnaker. Seperti gepeng, inikan bukan hanya orang dewasa, bisa juga anak-anak. Mana tau nanti dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) ada pelatihan, kita siap bersinergi. Sehingga masalah gepeng atau kemiskinan ini bisa diselesaikan bersama OPD terkait," terang Chairani.

"(Pelatihan) Tahun kemarin kita ada sulam untuk perempuan dan perbengkelan untuk yang laki-laki. Ini kita lakukan bertahap. Tahun ini lebih kurang sama. Menyelesaikan masalah kemiskinan ini harus berproses. Makanya kita buat target tahun ini berapa, tahun depan berapa. Target kita 20 sampai 25 orang setiap tahunnya," sambung Chairani.

Lewat media, Chairani berharap, seluruh elemen masyarakat ikut berperan dalam menekan angka kemiskinan (gepeng).

"Jadi sama-sama. Peran serta masyarakat kita harapkan. Jangan memberi (uang pada gepeng) di jalan," ujar Chairani berharap.(Kominfo5/RD2)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[28/02/2021] Camat Bukitraya Buka Khitanan Massal PC Lembaga Dakwah Indonesia [27/02/2021] BPBD Kota Pekanbaru Padamkan Hampir Lima Hektar Lahan Dua Bulan Ini [27/02/2021] Dinkes Pekanbaru Targetkan Pemberian Vaksin Covid-19 Tuntas Dalam Satu Pekan [27/02/2021] Wali Kota Apresiasi Perkembangan Olahraga Panahan di Pekanbaru [27/02/2021] Wali Kota Pekanbaru Ajak Seluruh OPD Bekerjasama Raih SAKIP Predikat A [27/02/2021] Kemenpora Bantu Pendirian Rumah Pangan Madani