Terkonfirmasi 5 Orang, Diskes Pekanbaru Telusuri Pasien Positif Covid-19 Varian XBB


Image : Terkonfirmasi 5 Orang, Diskes Pekanbaru Telusuri Pasien Positif Covid-19 Varian XBB
Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, masih menelusuri pasien yang terpapar Covid-19 varian XBB. Hal ini seiring Diskes Provinsi Riau mengkonfirmasi sampel yang dikirimkan dari Pekanbaru beberapa waktu lalu, positif Covid-19 varian baru ini.

Setidaknya ada 5 sampel dari Kota Pekanbaru yang telah di uji dan dinyatakan positif varian XBB. Diskes Kota Pekanbaru masih menanti data 5 sampel yang dinyatakan positif XBB.

"Kita belum dapat datanya. Ada (konfirmasi positif XBB), cuma belum dapat datanya dari provinsi," ujar Kepala Diskes Kota Pekanbaru, dr. Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (23/11).

Menurutnya, data 5 pasien positif Covid-19 varian XBB masih berada pada Diskes Provinsi Riau dan belum diteruskan ke Diskes Kota Pekanbaru. Namun, pihaknya masih menelusuri mereka yang terpapar ini.

Zaini mengaku, dalam sepekan terakhir ada peningkatan kasus positif Covid-19. Rata-rata ada ada tambahan 30 kasus positif setiap harinya. Kondisi ini membuat jumlah kasus aktif mencapai ratusan.

Tidak menutup kemungkinan, peningkatan terjadi akibat adanya warga yang terpapar varian XBB. Karena daya tular varian baru ini lebih cepat dibandingkan dengan Covid-19 biasa.

"Kami berharap supaya tim Satgas Covid-19 ini kembali lebih gencar dalam pencegahan penularan, sesuai dengan tupoksi masing-masing," ujarnya.

Guna antisipasi penyebaran kasus yang meluas, Zaini juga menghimbau petugas kesehatan untuk meningkatkan 3T. Yakni tracing, testing, dan treatment.

"Kita sudah surati puskesmas dan rumah sakit untuk meningkatkan kembali 3T ini. Kita juga imbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, karena saat ini covid masih ada, status pandemi belum dicabut, dan kasus meningkat," pungkasnya. (Kominfo8/RD2)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[08/12/2022] Pj Walikota Minta Parkir Kendaraan di MPP Dirapikan [08/12/2022] Pembangunan RLH di 9 Kelurahan sudah 100 Persen [08/12/2022] Bapenda Kawal Realisasi Capaian Pajak Daerah Setiap Hari [08/12/2022] Pemko Apresiasi KKN Award 2022 UMRI [08/12/2022] Pimpinan OPD Dijabat Plt, Pj Walikota Tunggu Izin Pusat Buka Assessment [08/12/2022] Donor Darah PMI Kulim-Tenayan Raya Kumpulkan 135 Kantong Darah