Tampan jadi Pilot Project KPBU SPAM


Image : Tampan jadi Pilot Project KPBU SPAM
Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Siak Pekanbaru Kemas Yusferi - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Kecamatan Tampan yang merupakan nama lama dari dua kecamatan baru di antaranya Tuah Madani dan Binawidya, menjadi pilot project atau proyek percontohan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Pekanbaru.

"Tahap awal di 6 kecamatan, project kita di Tampan," ungkap Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Pekanbaru Kemas Yusferi, Jumat (29/1).

Dengan menjadi proyek percontohan, sebut dia, investor yang bekerjasama dalam KPBU SPAM mesti menyiapkan Detail Engineering Design (DED) atau produk perencanaan dari proyek yang akan dilaksanakan.

"Mereka harus menyiapkan DED, perencanaan. Jadi instalasi air kita yang sudah berusia tua, itu akan diremajakan lagi, akan dibenahi lagi sehingga betul-betul bisa menghasilkan air yang berkualitas sesuai peraturan Menteri Kesehatan, yaitu air yang layak diminum. Pembenahan ini memakan waktu satu tahun," ucapnya.

Saat ini, kata Kemas, proyek KPBU SPAM sudah dilakukan penandatanganan kerjasama dan sudah dijamin Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan.

"Setelah perjanjian kerjasama ada namanya financial close (pemenuhan pembiayaan) yang merupakan tahapan-tahapan yang mana investor harus membentuk badan usaha dan menyiapkan semua dukungan perbankan, pemegang saham," paparnya.

"Kemudian investor juga harus menyiapkan semua perizinan terkait pemakaian ruang milik jalan," ulas dia.

Disampaikan Kemas, financial close merupakan tahap kritis dan harus tercapai. "Kalau tidak tercapai, ini project bisa gagal," tegasnya.

Setelah financial close, lanjut Kemas, tahun pertama kerjasama terhitung Juni 2021 hingga Juni 2022, investor melalui badan usaha yang telah dibentuk akan mulai meremajakan semua sistem pengolahan, termasuk mengganti pompa, meremajakan bangunan dan meremajakan instalasi air.

"Sehingga bisa menghasilkan air yang berkualitas sesuai dengan aturan pemerintah.

"Jadi periode pertama Juni 2021-Juni 2022, kita akan habis-habisan (melakukan pembenahan dan perbaikan). Masuk periode kedua, air sudah berkualitas dan benar-benar layak untuk diminum," tutupnya. (Kominfo2/RD1)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[15/06/2021] Wawako Pekanbaru: PPKM di RW Zona Merah Diperpanjang [15/06/2021] 37 Kelurahan Ini Masih Berstatus Zona Merah Corona [15/06/2021] Tahun Ini Dishub Meterisasi 9.283 Titik LPJU [15/06/2021] Warga Sialang Rampai Antusias Ikuti Vaksinasi [15/06/2021] Penertiban, Petugas Satpol PP Sita Aset Milik PKL [15/06/2021] SE Habis, Pengusaha dan Masyarakat Diingatkan Tetap Terapkan Prokes