Studi Banding ke Pekanbaru, TKKSD Karawang Belajar Kerjasama Luar Negeri


Image : Studi Banding ke Pekanbaru, TKKSD Karawang Belajar Kerjasama Luar Negeri
Asisten I Setdako Pekanbaru Drs H Syoffaizal M.Si, menyerahkan cinderamata kepada Asisten I Setdakab Karawang. - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerima kunjungan studi banding dari Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Kabupaten Karawang, Kamis (24/11).

Kedatangan TKKSD Karawang yang dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Ahmad Hidayat didampingi 6 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, disambut Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Syoffaizal M.Si dan jajaran.

Disampaikan Syoffaizal, kedatangan TKKSD Kabupaten Karawang itu bertujuan untuk belajar tentang hubungan kerjasama luar negeri ke Pemko Pekanbaru.

"Karena memang kita sudah ada beberapa kerjasama luar negeri. Jadi dalam rangka itu, mereka datang belajar ke Pekanbaru sekaligus untuk menjalin silaturrahmi," ucapnya.

Terpisah, Kepala Bagian Kerjasama Setdako Pekanbaru Fajri Adha mengatakan, kerjasama luar negeri yang telah terjalin itu di antaranya dengan PT Sungan Korea Selatan dalam hal pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru yang akan diubah menjadi Solid Refuse Fuel (SRF) yang bisa dijadikan bahan bakar listrik di PLTU Tenayan Raya.

Kemudian kerjasama dengan Nippon Koei Jepang mengenai Kota Zero Carbon 2050. Hal ini dipandang perlu guna mewujudkan Kota Pekanbaru yang metropolitan dan bebas dari emisi karbon.

Selanjutnya, Pemko Pekanbaru juga telah menjajaki kerjasama dengan Kota Kawasaki tentang Kota Nol Karbon, Smart City dan investasi, bisnis, serta pariwisata.

Selanjutnya ada juga kerjasama Pemko Pekanbaru dengan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). IMT-GT merupakan forum internasional untuk bertukar pengalaman dalam menjalankan pemerintahan dan peluang-peluang investasi luar negeri.



Terakhir, Pemko Pekanbaru juga menjalin kerjasama dengan organisasi Milan Urban Food Policy Pact (MUFPP) yang merupakan organisasi pangan dunia yang memberikan kesempatan Kota Pekanbaru untuk mendapatkan pelatihan dan pengalaman dengan ketahanan pangan dengan luar negeri.

Hanya saja, disampai Fajri jika kerjasama luar negeri tersebut belum ada yang dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

"MoU nya memang belum ada tandatangan, karena proses kerjasama ini (luar negeri) panjang," paparnya.

Ada beberapa tahapan kerjasama luar negeri yang harus dilalui. Pertama, penjajakan. Penjajakan dilakukan dengan saling tukar menukar potensi yang dimiliki daerah antara kedua pihak. Pertukaran ini dapat memanfaatkan kantor perwakilan negara asing di Indonesia atau kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Kedua, penandatanganan Letter of Intent (LoI). Dalam hal ini, apabila keinginan untuk bekerjasama mendapat sambutan positif dari masing-masing pihak, maka antara kedua belah dapat menandatangani LoI.

Ketiga, penyusunan rencana kerjasama. Yang mana setelah ditandatanganinya LoI, pemerintah kota segera menyusun rencana kerjasama atau Term of Reference dan Plan of Action yang menggambarkan maksud dan tujuan kerjasama serta manfaat yang diperoleh.

Keempat, persetujuan DPRD. Rencana Kerjasama, Plan of Action dan LoI yang sudah ditandatangani kedua pihak kemudian diajukan kepada DPRD kota untuk
mendapatkan persetujuan.

Terakhir atau tahapan kelima, permintaan fasilitasi pemerintah. Setelah adanya persetujuan DPRD, pemerintah kota mengajukan surat kepada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia untuk mohon fasilitasi kerjasama.

Surat Permohonan ini dijadikan syarat untuk menentukan pembahasan Draft MoU dengan melibatkan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Sekretariat Negara Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Kementerian/lembaga terkait lainnya. (Kominfo6/RD3)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[08/12/2022] Pj Walikota Minta Parkir Kendaraan di MPP Dirapikan [08/12/2022] Pembangunan RLH di 9 Kelurahan sudah 100 Persen [08/12/2022] Bapenda Kawal Realisasi Capaian Pajak Daerah Setiap Hari [08/12/2022] Pemko Apresiasi KKN Award 2022 UMRI [08/12/2022] Pimpinan OPD Dijabat Plt, Pj Walikota Tunggu Izin Pusat Buka Assessment [08/12/2022] Donor Darah PMI Kulim-Tenayan Raya Kumpulkan 135 Kantong Darah