Satu-satunya dari Riau, MC Pekanbaru Peringkat 7 di Indonesia.


Image : Satu-satunya dari Riau, MC Pekanbaru Peringkat 7 di Indonesia.
Kadis Kominfo beserta jajaran sedang megikuti webinar penghargaan pengelolaan media center teraktif di Indonesia - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU -- Media Centre Kota Pekanbaru menjadi salah satu media centre pemerintah terbaik di Indonesia. Media centre Kota Pekabaru dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Pekanbaru yang tergabung dalam pengelolaan website www.Pekanbaru.go.id  menjadi satu-satunya media Center Kabupaten/Kota dari Riau yang masuk nominasi di Tingkat Nasional dan berada pada peringkat ke 7 di bawah Kota Palembang.

Penghargaan dan peringkat Media center ini diumumkan langsung oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Rabu (22/7/2020), dalam Webinar  dengan tema “Media Center Sebagai Humas Pemerintah”, yang diikuti oleh seluruh Kepala Dinas  Kominfo Provinsi dan Kabupaten Kota kandidat dan nominator penerima penghargaan.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra didampingi Kabid IKP Mawardi M Zakaria, yang mengikuti webinar tersebut bersama seluruh jajaran IKP Diskominfo Pekanbaru, menyebutkan bahwa saat ini, 513 Kabupaten/kota di Indonesia  sudah memiliki media center dan setiap tahun Kementerian Kominfo melakukan penilaian dan supervisi dengan berbagai metode.

“Alhamdulillah sudah dua tahun berturut-turut, MC atau Pekanbaru.go.id Pekanbaru, selalu masuk nominasi atau 10 besar’’ ungkap Eka.

Ditambahkan Eka, bahwa MC Pekanbaru masuk nominasi dan mencapai peringkat 7 di Tingkat nasional dalam kategori teraktif dalam pemberitaan.

“Untuk Kabupaten/Kota di Riau, hanya MC Pekanbaru satu-satunya yang masuk nominasi dan masuk 10 besa” ulas Eka lagi.

Hal yang mengembirakan lagi menurut Eka, bahwa dari pernyataan Sekretaris Ditjen IKP  Kementerian Kominfo, Sumiati, diketahui bahwa MC Pekanbaru  atau Pekanbaru.go.id termasuk salah satu media pemerintah yang menjadi referensi pemberitaan tingkat nasional, yang dalam kategori ini juga hanya ada 12 Media Center Provinsi dan kabupaten/kota yang tercatat sebagai referensi pemberitaan tersebut.

"Kita berterima kasih kepada Wali Kota Pekanbaru, sekretaris daerah dan rekan-rekan di pekanbaru.go.id. Semoga prestasi ini semakin memberikan kita semangat yang luar biasa untuk semakin gilang dan terbilang, yang terpenting website resmi Pemerintah ini mampu mengimbangi pemberitaan-pemberitaan yang tidak mengedukasi,’’ harap Eka.

Eka juga menyebutkan, dengan perpindahan kantor Dinas Kominfo ke Pusat perkantoran Tenayan akan lebih optimal dalam pengelolaan Media Center atau Pekanbaru.go.id, karena akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana serta fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan Media Center.

“Untuk meningkatkan kekuatan pemberitaan dan penguasaan isu publik,  Dinas Kominfo Pekanbaru dalam waktu dekat akan melaksanakan Bimbingan teknis atau pelatihan Jurnalis Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Pekanbaru dimana nantinya para Jurnalis OPD akan menambah volume pemberitaan di Kota Pekanbaru.

“Jurnalis-jurnalis OPD tersebut nantinya akan menjadi agen informasi atau humas dari OPD nya masing-masing, sehingga setiap kegiatan, dan aktifitas pemerintah di OPD tersebut bisa dipublis ke masyarakat, selain itu para Jurnalis OPD juga akan berfungsi sebagai operator OPD dalam menjawab pengaduan dan keluhan masyarakat, sehingga segala isu dan opini yang berkembang di tengah-tengah masyarakat mendapat jawaban yang pasti dan resmi dari pemerintah Kota Pekanbaru melalui Media center Kota Pekanbaru,’’ tutup Kadis yang baru saja dinobatkan sebagai pejabat eselon 2 teladan di Indonesia itu. (Kominfo4/RD2)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[25/02/2021] 10.814 Nakes Telah Divaksin, Vaksinasi Dosis Kedua Digesa [25/02/2021] BPP Pekanbaru Raih Peringkat I Berdasarkan IKM [25/02/2021] Dishub Bakal Vaksin Supir Bus TMP [25/02/2021] Ringankan Beban Pemerintah, Elemen Masyarakat Payung Sekaki Buka Akses Jalan [25/02/2021] Bahas Vaksin untuk Lansia, PSMTI Riau Silaturahmi dengan Wali Kota [25/02/2021] Wali Kota Pekanbaru Dorong Seluruh OPD Tingkatkan Kinerja Layanan Publik