Pemko Pekanbaru akan Evaluasi Pelaksanaan PPDB SD dan SMP Negeri


Image : Pemko Pekanbaru akan Evaluasi Pelaksanaan PPDB SD dan SMP Negeri
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, akan mengevaluasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri. 

Sebab dari hasil PPDB tahun ajaran 2024/2025, ada sejumlah SD dan SMP negeri yang kuotanya tak terisi lantaran minimnya jumlah pendaftar. 

"Untuk itu, nanti kita evaluasi titik-titik mana yang sekolahnya kurang diminati, dan di titik mana yang perlu dibangun sekolah baru," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (9/7/2024). 

Ia menyampaikan, ada beberapa faktor penyebab kurangnya pendaftar di sejumlah sekolah di antaranya akibat penerapan sistem zonasi. 

"Kalau dulu sebelum sistem rayon, kan dari mana saja bisa masuk (di sekolah tujuan). Kalau sekarang yang diterima hanya di rayon, sehingga anak-anak yang diterima hanya yang (berdomisili) di lingkungan sekolah," ucapnya. 
Kemudian faktor lainnya, lanjut Indra, ada sejumlah sekolah yang jaraknya terlalu dekat. Orangtua calon peserta didik lebih memilih memasukan anaknya ke sekolah yang dinilai lebih berkualitas dan bermutu. 

"Khusus untuk peningkatan kualitas sekolah ini, tentu yang pertama (harus diperhatikan) sarana prasarananya," ujar dia. 

"Yang kedua, tenaga pendidiknya mesti kita upgrade, supaya kita setarakan, seragamkan. Sehingga ke depannya anak-anak Pekanbaru mau sekolah di mana saja, kualitasnya sama," tutup Indra Pomi. (Kominfo6/RD3)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[20/07/2024] Lapak Darling, Kemudahan Bayar PBB untuk Warga Pekanbaru [19/07/2024] Siapkan 1.533 Pos PIN, Pemko Pekanbaru Ajak Warga Sukseskan Imunisasi Polio [19/07/2024] Beri Pangan Berkualitas dan Terjangkau, GPM Rutin Digelar Pemko Pekanbaru [18/07/2024] Pemko Pekanbaru Bentuk Tim Reaksi Cepat Hadapi Cuaca Ekstrem [18/07/2024] Pj Wako Pekanbaru Targetkan Patisipasi Pemilih Pada Pilkada Serentak 2024 Meningkat [18/07/2024] Pj Wako Pekanbaru Imbau Warga Jangan Mudah Terpancing Hoax Jelang Pilkada 2024