Pembangunan Proyek SPAM Pekanbaru-Kampar Capai 78 Persen


Image : Pembangunan Proyek SPAM Pekanbaru-Kampar Capai 78 Persen
Proyek SPAM Pekanbaru-Kampar di Desa Kualu, Kecamatan Tambang - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Progres pembangunan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pekanbaru-Kampar sudah mencapai 78 persen saat ini. Bila sudah selesai, SPAM ini akan melayani empat kecamatan di Pekanbaru dan dua kecamatan di Kabupaten Kampar.

"Proyek KPBU sudah 78 persen. Proyek ini ditargetkan selesai Juni nanti. Kami mohon doa dan dukungannya," kata Direktur PDAM Tirta Siak Pekanbaru Agung Anugrah, Minggu (22/5).

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T,M.T, Senin (4/10/2021), mengatakan, proyek SPAM Regional Pekanbaru-Kampar dipimpin oleh PT Sarana Pembangunan Riau (SPR). Proyek ini bekerja sama dengan PDAM Tirta Kampar dan PDAM Tirta Siak Kampar. Proyek dimulai pada September 2021.

"Perusahaan yang memproduksi air bersih adalah PT. PP Tirta Riau. Perusahaan ini memproduksi air baku dari Sungai Kampar hingga menjadi air bersih," ungkapnya.

Kemudian, air bersih ini didistribusikan ke konsumen di lima kecamatan di Pekanbaru. Jadi, Pekanbaru mendapat 70 persen air bersih dari SPAM Regional Pekanbaru-Kampar ini.

"Sedangkan 30 persen air bersih dialirkan ke dua kecamatan di Kabupaten Kampar yaitu Tambang dan Siak Hulu. Jadi, semua mendapat untung dalam SPAM regional ini," jelas Firdaus.

Sebelumnya, Direktur PDAM Tirta Siak Pekanbaru Agung Anugrah, Jumat (1/10/2021), mengatakan, proyek SPAM Regional Pekanbaru-Kampar itu bukan dibiayai dari APBN maupun APBD. Tetapi, proyek SPAM ini dibangun atas dasar Business to Business (B to B).

SPAM ini dibangun dengan kapasitas 1.000 liter per detik. Pada 2012 lalu, Pekanbaru juga telah memiliki SPAM yang dikelola UPT Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau dengan kapasitas 40 liter per detik.

"Pengelolaan dia SPAM ini tidak akan terjadi tumpang tindih," ujar Agung.

Jaringan pipa air bersih dari proyek SPAM Regional Pekanbaru-Kampar ini akan dibangun di empat kecamatan di Kota Pekanbaru. Empat kecamatan itu antara lain, Marpoyan Damai, Bukit Raya, Tuah Madani, dan Binawidya.

Sekitar 117.792 rumah terdapat di empat kecamatan ini. Dengan proyek SPAM Regional Pekanbaru-Kampar berkapasitas 1.000 liter per detik, maka dapat melayani 56.000 sambungan rumah (SR).

"Artinya, baru 50 persen yang bisa mendapat sambungan air bersih," jelas Agung. (Kominfo11/RD5)



Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[06/10/2022] BPBD dan Baznas Salurkan Sembako ke Korban Banjir di Pasar Bawah dan Gang Kuantan [06/10/2022] Disketapang Dukung dan Apresiasi KWT Okranusa Lakukan Budidaya Tanaman Okra di Pekanbaru [06/10/2022] Dispora Pekanbaru Hadiri Anjab dan ABK Perangkat Daerah di Lingkungan Pemko Pekanbaru [06/10/2022] Dispora Pekanbaru Ikuti Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Tahun 2022 [06/10/2022] Pemko Pekanbaru Belum Terima Juknis Kebijakan Penghapusan Tenaga Honorer [05/10/2022] PUPR akan Normalisasi Sungai dan Maksimalkan Fungsi Drainase di Pasar Bawah