Pekanbaru Ranking 7 Kabupaten/Kota Smart City 2021


Image : Pekanbaru Ranking 7 Kabupaten/Kota Smart City 2021
Hasil Evaluasi Smart City Tahun 2021 - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Kota Pekanbaru meraih peringkat 7 dari 100 kabupaten dan kota dalam penilaian evaluasi gerakan menuju Smart City. Peringkat ini berdasarkan hasil evaluasi gerakan 100 Smart City 2021.

Kabid Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Mawardi mengatakan, surat Kementerian Kominfo telah diterima. Surat tersebut berisi hasil evaluasi Kemen Kominfo terkait 100 kota yang mengikuti program Smart City sejak 2017 hingga 2019.

"Terdapat 98 kabupaten/kota yang mengisi kuesioner (self-assessment) online pada tautan smartcity.layanan.go.id dan menghadiri kegiatan evaluasi yang telah diselenggarakan pada 6-9 Desember 2021 secara daring," kata Mawardi, Kamis (13/1). 

Penilaian evaluasi terhadap implementasi program smart city di 100 kota/kabupaten yang terpilih melalui program Gerakan Menuju 100 Smart City diukur berdasarkan lima dimensi dengan formulasi perhitungan yang berbeda. 

Pertama, baseline (dengan bobot 10%), menggambarkan nilai improvement yang diperoleh berdasarkan hasil evaluasi Implementasi Masterplan dan Quick Win Smart City. 

Kedua, Output (bobot 20%), mencakup terbentuknya fondasi untuk pelaksanaan program smart city untuk menilai sejauh mana pemerintah kota/kabupaten menyiapkan kebijakan, kelembagaan, serta anggaran untuk program smart city.

Ketiga, Outcome (bobot 30%), mencakup pelaksanaan rencana yang ada di masterplan smart city. Outcome ini untuk menilai sejauh mana setiap rencana dijalankan oleh pemerintah
daerah.

Keempat, Impact (bobot 20%). Hal ini mencakup manfaat yang dirasakan masyarakat atas implementasi program smart city, untuk mengukur manfaat dan perbaikan
pelayanan publik bagi masyarakat, keterlibatan masyarakat, serta keberlanjutan program yang telah berjalan.

Kelima, program percepatan atau Quick Win (bobot 20%). Penilaian ini mencakup tingkat inovasi program percepatan smart city dan menilai kreativitas dan daya inovasi pada program percepatan (Quick Win).

Hasil penilaian dari lima dimensi tersebut dikategorikan menjadi dua. Pertama, Indeks Pencapaian atau Rata-rata Bobot (performance) merupakan tingkat pembangunan smart city dari masing-masing daerah. Indeks Pencapaian diperoleh dengan menghitung rata-rata Baseline, Output, Outcome, Impact, dan
Quick Win.

Kedua, Indeks Peningkatan (Tingkat Improvement) merupakan tingkat perbaikan yang terjadi pada tiap daerah setelah mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City. Indeks Peningkatan (Tingkat Improvement) diperoleh dengan menghitung selisih antara rata-rata Baseline, Output, Outcome, Impact, dan Quick Win terhadap nilai tahun lalu.

"Hasil penilaian evaluasi terhadap implementasi program smart city di 100 kota dan kabupaten, Pekanbaru berada di peringkat 7 di Indonesia," sebut Mawardi. (Kominfo11/RD5)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[20/01/2022] Dua Kontraktor Proyek IPAL Pekanbaru Didenda, Harus Rampung Akhir Bulan Ini [20/01/2022] Dinas PUPR Prioritas Perbaiki Jalan di Kawasan Pasar, Sekolah, dan Puskesmas [20/01/2022] Tiga Pilar Bencah Lesung Tinjau Vaksinasi Anak di SDN 122 [19/01/2022] Pastikan PTM 100 Persen Berjalan Baik, Disdik Bentuk Satgas Sekolah [19/01/2022] Disperindag Pastikan Retail Modern di Pekanbaru Terapkan Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga [19/01/2022] Antisipasi Banjir, Ayat Cahyadi Imbau Warga Gotong-royong