Organda Prediksi Pemudik Jalur Darat Meningkat 5 persen


Image : Organda Prediksi Pemudik Jalur Darat Meningkat 5 persen
Angkutan Darat di Terminal Bus Banda Raya Payung Sekaki Pekanbaru. - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU --  Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Pekanbaru dan Provinsi Riau, memprediksi untuk pemudik jalur darat tahun 2019 ini meningkat hingga 5 persen dari biasanya. Mahalnya harga tiket pesawat saat menjadi pemicu hal itu terjadi.

Ketua Organda Pekanbaru, Syaiful Alam, membenarkan, bahwa tahun ini akan terjadi lonjakan penumpang untuk jalur darat. Apalagi untuk jurusan menuju Pulau Jawa dan ke Sumatera Utara.

"Ya, akan terjadi lonjakan penumpang, apalagi untuk arah ke Jawa dan Sumut. Karena itu kita akan lakukan penambahan armada tapi sifatnya reguler," ungkap Syaiful.

Ketua Organda Riau, M.Nasir, menjelaskan, memang terjadi kenaikan jumlah penumpang sekitar 2-5 persen dari biasanya.

"Tidak signifikan, paling 2-5 persen saja. Kami siap mengangkutnya," ujar Nasir.

Nasir menambahkan,  tak signifikannya lonjakan jumlah penumpang jalur darat meski diketahui harga tiket pesawat mahal, karena adanya alternatif lain yang bisa digunakan masyarakat untuk mudik. Salah sarunya dengan menyewa kendaraan pribadi. Sehingga bisa memuat hingga tujuh orang, kendaraanpun bisa dipakai sampai ke kampung halaman.

"Kalau sewa mobil yang perhari Rp 500 ribu saja, 10 hari baru Rp 10 juta. Itu sudah bisa bawa satu keluarga dan mobilnya bisa dipakai sampai kampung," jelas Nasir.

Saat  ditanyakan, terkait kesiapan kendaraan dibawah naungan Organda Riau untuk musim mudik tahun ini, Nasir, menjawab,  kendaraan yang ada saat ini cukup bahkan berlebih. Untuk itu, pihaknya akan terus mengupayakan mengangkut semua penumpang yang akan mudik menggunakan jalur darat.

"Kalau kendaraan cukup, bahkan lebih. Buktinya setiap tahun kami menunggu penumpang, bukan penumpang yang menunggu kendaraan," tutup Nasir.(Kominfo6/RD2)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[30/07/2021] Warga Pekanbaru Antusias Ikuti Vaksinasi di Gedung Guru [30/07/2021] Dishub Sudah Meterisasi LPJU di Tiga Rayon [30/07/2021] Tindakan Petugas Selama PPKM Level IV, Diantaranya 37 Orang Diamankan [30/07/2021] Disdik Bakal Tindak Tegas Sekolah yang Nekat Buka Saat PPKM Level 4 [30/07/2021] Belasan Pengunjung Warnet dan Playstation Disanksi Kerja Sosial [30/07/2021] Bapenda Berikan Berbagai Keringanan bagi Wajib Pajak Selama Pandemi