Kuota Jalur Zonasi untuk PPDB di Pekanbaru Capai 70 Persen


Image : Kuota Jalur Zonasi untuk PPDB di Pekanbaru Capai 70 Persen
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Jalur zonasi mendominasi penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Pekanbaru. Persentase peserta didik dari jalur zonasi mencapai 70 persen.

"Jadi untuk PPDB tahun ini penerimaan dari jalur zonasi menjadi prioritas," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas, Minggu (13/6).

Ada perbedaan PPDB tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Ia menyebut jumlah penerimaan dari jalur zonasi mendominasi tahun ini.

Ada kenaikan lima persen dari persentase jalur zonasi tahun 2020 lalu. Persentase jalur zonasi pada tahun lalu berkisar 65 persen.

Dirinya mengatakan bahwa ada jalur afirmasi atau peserta didik kurang mampu. Ada juga jalur prestasi dan jalur pindah orangtua dari daerah lain.

Ismardi menyebut, jalur zonasi menjadi prioritas untuk PPDB tingkat SMP. Ada perbedaan dengan kebijakan PPDB tingkat SD.

PPDB SD lebih memprioritaskan batas umur. Mereka yang lolos zonasi tapi belum cukup umur untuk masuk SD tidak bisa lolos.

"Mereka yang masuk zonasi, tapi belum tujuh tahun tidak bisa lolos. Sebab belum cukup umur," ujarnya.

Persentase jalur zonasi dalam PPDB tingkat SD juga 70 persen. Jalur zonasi untuk tingkat SD maupun SMP menjadi prioritas.

Dinas bakal mengumumkan teknis dan prosedur PPDB tahun 2021 pada pekan depan. Mereka masih menanti regulasi pelaksanaan PPDB dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

"Sejumlah persyaratan dalam PPDB hampir sama dengan tahun lalu," paparnya.

Jadwal PPDB tahun 2021 di Kota Pekanbaru mundur dari jadwal awal. PPDB bergulir dari 5 Juli 2021 hingga 11 Juli 2021 mendatang. (Kominfo4/RD2)

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[18/08/2022] Dishub Masih Sosialisasi Terkait Rencana Kenaikan Tarif Dasar Parkir [18/08/2022] Pemko Pekanbaru Targetkan 37.000 Warga Ikuti Vaksin Merdeka [18/08/2022] Jambore PKK Kecamatan Sukajadi dan Sunatan Masal Berjalan Sukses [18/08/2022] Ribuan Orang Tumpah Ruah Ikuti Gerak Jalan Merdeka di Pekanbaru [18/08/2022] Disperindag Pekanbaru Telusuri Kelangkaan Gas 3 Kilogram [18/08/2022] BPP Gelar Evaluasi dan Bimtek Inovasi Daerah Besok, Narasumber dari Kemendagri