Klaster Rumah Tangga Muncul, OTG Harus Isolasi Mandiri Secara Maksimal


Image : Klaster Rumah Tangga Muncul, OTG Harus Isolasi Mandiri Secara Maksimal
Dr. H. Firdaus, S.T., M.T - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus , S.T., M.T, mengingatkan Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 harus melakukan isolasi mandiri dengan maksimal. 

Jangan sampai saat melakukan isolasi terjadi penularan ke keluarga dekat maupun orang lain. Karena saat ini peningkatan kasus positif salah satunya dari klaster rumah tangga atau keluarga. 

"Isolasi mandiri mau tak mau itu dapat kita izinkan, terutama di tempat atau rumah mereka yang menerapkan protokol kesehatan," terang Firdaus, Selasa (4/5). 

Ia menegaskan, jika isolasi mandiri dilakukan di rumah yang tidak memadai seperti rumah tipe 36 dan anggota keluarga sebanyak enam orang. Hal ini tidak memadai untuk isolasi mandiri. 

Karena pasien positif harus memiliki ruang tersendiri dan tidak bercampur dengan keluarga lainnya, sehingga tidak terjadi penularan. Isolasi mandiri seperti ini dinilai tidak maksimal dan malah dapat membuat penyebaran ke keluarga dekat. 

"Kalau yang seperti itu (ruang terbatas) kita tidak merekomendasikan untuk mereka isolasi mandiri. Maka OTG harus dirawat di tempat yang di sediakan pemerintah," ungkap Datuk Bandar Setia Amanah ini. 

Wali Kota menyebut, pemerintah kota telah menyiapkan tempat isolasi bagi OTG. Ada Rusunawa Rejosari yang telah disiapkan pemerintah bagi pasien positif. (Kominfo6/RD2)

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[11/05/2021] Camat Bukit Raya Sosialisasikan SE Aktifitas Idulfitri [11/05/2021] Satgas Kecamatan Bukit Raya Monitoring Prokes di Masjid Paripurna An-Najah [11/05/2021] Wali Kota: Jangan Sampai Ada ASN Terima Gratifikasi [11/05/2021] Wali Kota Imbau Umat Nasrani Gelar Ibadat Kenaikan Isa Almasih di Rumah [10/05/2021] Tak Indahkan SE Wako, Satgas Bakal Turun Tangan Tutup Tempat Usaha [10/05/2021] Agung Anugrah Dilantik sebagai Direktur PDAM Tirta Siak