Ketua Baznas Pekanbaru Imbau BUMN dan Instansi Vertikal Salurkan Zakat ke Lembaga Resmi


Image : Ketua Baznas Pekanbaru Imbau BUMN dan Instansi Vertikal Salurkan Zakat ke Lembaga Resmi
Ketua Baznas Endar Muda menerima zakat dari Kepala Disnaker Abdul Jamal di Masjid Al Firdaus beberapa waktu lalu. - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Pengumpulan zakat secara pribadi dinilai sah. Namun, Islam mengajarkan bahwa zakat itu disalurkan ke Baitulmal (lembaga resmi pemerintah yang mengumpulkan zakat).

Hal ini dikatakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru Endar Muda, Senin (9/5). "Jadi, tugas pemerintah adalah menyampaikan ke warga bahwa zakat itu wajib hukumnya. Zakat itu harus disalurkan ke Baitulmal yaitu Baznas," ujarnya.

Ketua Baznas pusat menyampaikan bahwa semua BUMN yang ada di Indonesia ini tidak menyalurkan zakat ke Baznas. Karena, BUMN itu punya pengumpul zakat tersendiri.

"Mereka menyalurkan zakat sesuai keinginan mereka di lingkungan kantornya," ungkap Endar.

Dalam beberapa kesempatan, Baznas Pekanbaru telah mengunjungi BUMN, Polresta, Kodim, Jasa Raharja, dan Kanwil Kemenkumham. Baznas Pekanbaru juga akan menyambangi Paskhas TNI dan satuan TNI lainnya serta polsek-polsek.

"Agar mereka menyalurkan zakat ke Baznas Pekanbaru," harap Endar. (Kominfo11/RD5)



Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[04/07/2022] Pemko Pekanbaru Evaluasi BUMD, Satu Persatu Direksi Mulai Dipanggil [04/07/2022] Camat Binawidya Bakal Turun Lihat Kepatuhan Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan [04/07/2022] SK Berakhir, Pj Walikota Koordinasikan Cari Penerus Plt Sekwan DPRD Pekanbaru [04/07/2022] Miliki 25.000 Keping BLUe, Kendaraan Uji KIR di UPT PKB Dishub Pekanbaru Alami Peningkatan [04/07/2022] Pemko Bahas Kebutuhan Anggaran Pilwako 2024 [04/07/2022] Pj Wali Kota Pekanbaru Pantau PPDB di 3 SMP Negeri