DLHK Kota Pekanbaru Ajak Masyarakat Cerdas Memilah Sampah


Image : DLHK Kota Pekanbaru Ajak Masyarakat Cerdas Memilah Sampah
Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Azwan - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Azwan mengajak masyarakat agar lebih cerdas memilah sampah. Mereka bisa ikut mengolah sampah dari sumbernya.

"Bila kita memilah sampah dari rumah, sampah tersebut hanya sedikit yang perlu diangkut," ujarnya, Jumat (5/3).

Azwan mengatakan bahwa sampah basah atau organik dari dapur bisa menjadi pupuk kompos. Lalu sampah kering bisa jadi produk daur ulang dan punya nilai ekonomi.

"Selama ini pola pengelolaan sampah masih kumpul, angkut dan buang. Masyarakat bisa memilah sampah dari rumahnya," paparnya.

Azwan menyebut masyarakat bisa mengumpulkan sampah pada tempatnya. Mereka bisa membuang sampah di Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Setelah itu, baru kita angkut dari TPS agar bisa dibuang ke TPA Muara Fajar," jelasnya.

Dirinya mengajak masyarakat bisa melakukan pemilahan sampah hingga pengolahan sampah di rumah. Ia berharap masyarakat ikut berperan dalam menangani permasalahan sampah.

Azwan mengakui pihaknya berupaya menuntaskan permasalahan sampah yang sudah berlangsung selama dua bulan ini. Mereka berupaya melakukan optimalisasi pengangkutan sampah dengan armada yang ada.

Jumlah armada pengangkut sampah yang menyebar di 15 kecamatan mencapai 52 unit. Armada angkutan sampah ini sudah bisa mengangkut sebagian besar sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar. (Kominfo4/RD2)

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[20/06/2021] Bakal Dibangun Ulang, Dishub Pekanbaru Hancurkan Beberapa Halte Rusak [19/06/2021] Total 917 Imigran Berada di Pekanbaru, Pemko Siapkan Tempat Lebih Layak [19/06/2021] Tiga Tahun Berturut Tidak RAT, Koperasi Dapat Dibubarkan [19/06/2021] Satpol PP Terus Edukasi dan Sosialisasikan Prokes [18/06/2021] Wawako Hadiri Verifikasi Lapangan Hybrid KLA Pekanbaru Secara Virtual [18/06/2021] DPMPTSP Pekanbaru Keluarkan Izin Operasional 176 Tempat Usaha di Masa Pandemi