Distankan Pekanbaru Belum Temukan Ternak Terjangkit Sapi Ngorok


Image : Distankan Pekanbaru Belum Temukan Ternak Terjangkit Sapi Ngorok
Kepala Distankan Kota Pekanbaru M. Firdaus - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Kota Pekanbaru, hingga Januari 2023 ini belum ada menemukan hewan ternak yang terjangkit penyakit sapi ngorok.

"Alhamdulillah, saat ini Pekanbaru masih bebas dari penyakit sapi ngorok," ucap Kepala Distankan Kota Pekanbaru M. Firdaus, Rabu (25/1).

Untuk pencegahan, kata dia, Distankan terus melakukan upaya preventif seperti mengawasi lalu lintas pengiriman hewan ternak sehingga kasus sapi ngorok yang mulai mewabah di sejumlah daerah di Riau tidak masuk ke Pekanbaru.

"Kemudian kalau sekiranya ditemukan gejala, sebelum sampai pada kasus yang lebih berat, maka kita akan melakukan pengobatan seperti pemberian vitamin dan pemberian pakan yang bergizi tinggi," ungkapnya.

"Namun sampai saat ini, petugas di lapangan belum ada mendapatkan laporan terkait adanya gejalanya ke arah sana," ulas Firdaus.

Disinggung terkait apakah ada pemberian vaksin untuk sapi ngorok ini, ia mengatakan pihaknya memang masih belum melakukan vaksinasi sapi ngorok.

"Vaksin sapi ngorok itu memang ada, tapi kita kan masih bebas. Jadi artinya kita melakukan preventif aja dulu," pungkasnya. (Kominfo6/RD3)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[08/02/2023] Pemko Masih Matangkan Penerapan Sanksi Tipiring Sampah [08/02/2023] 2 Titik di Jalan Jenderal Sudirman Ditinggikan Kemen PUPR [08/02/2023] SP1 Tak Diindahkan, Satpol PP Pekanbaru Turun Tertibkan Bangunan Langgar GSB [08/02/2023] Raja Rilla Mustafa Ingatkan Ibu-ibu Sebagai Kunci Pangan Bergizi di Keluarga [07/02/2023] Pemko Pekanbaru Terus Matangkan Persiapan MTQ ke-55 [07/02/2023] Dinsos Salurkan Bantuan Makanan untuk Puluhan Orang Terlantar