Disbudpar Bekerjasama dengan Berbagai Pihak Majukan Sektor Pariwisata


Image : Disbudpar Bekerjasama dengan Berbagai Pihak Majukan Sektor Pariwisata
Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru, Ardiansyah Eka Putra S.STP M.Si - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus berupaya memajukan sektor pariwisata yang ada di Pekanbaru pasca-pandemi Covid-19.

Upaya yang dilakukan yakni bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, diantaranya Pemerintah Provinsi Riau, kabupaten tetangga dan pelaku usaha.

Ini disampaikan Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru, Ardiansyah Eka Putra S.STP M.Si, saat ditanya upaya yang dilakukan Disbudpar dalam memajukan pariwisata di kota Pekanbaru.

"Yang pastinya kita berkolaborasi dengan seluruh pelaku usaha, kemudian sinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau, termasuk instansi vertikal yang berkaitan dengan bidang pariwisata," ujar Ardiansyah Eka Putra.

"Yang jelas karena kota Pekanbaru ini kota jasa, kita memang mendorongnya lebih kepada penyediaan daya tarik di bidang fasilitas kepariwisataan," imbuhnya.

Terkait destinasi wisata, dikatakannya, konsep yang digunakan adalah konsep Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan).

"Untuk destinasi yang bisa kita kunjungi, kita tetap memakai konsep kawasan Pekansikawan. Jadi destinasi alam atau sejarahnya ada di kabupeten tetangga, seperti di Kabupaten Siak atau Kabupaten Kampar. Kita lebih kepada fasilitas penunjang pariwisata lainnya. Seperti perhotelan, transportasi, restoran dan pusat perbelanjaan, termasuk event" terangnya.

Karena kota Pekanbaru merupakan kota perdagangan dan jasa, disampaikan Yayan, pihaknya menggelar berbagai event dan mendorong tumbuhnya pusat perbelanjaan dan penunjang pariwisata lainnya.

"Sifatnya kita itu ada dua, terutama sejarah dan kebudayaan. Yang kedua lebih kepada jasa lainnya, seperti rekreasi hiburan, event, kemudian pusat perbelanjaan, itu yang kita dorong. Seperti sekarang kan banyak event di kota Pekanbaru, seperti Riau Ekspo, ada berbagai konser. Itu kan bagian dari MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition). Hal itu yang terus kita dorong," jelasnya. (Kominfo9/RD3)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[08/12/2022] Pj Walikota Minta Parkir Kendaraan di MPP Dirapikan [08/12/2022] Pembangunan RLH di 9 Kelurahan sudah 100 Persen [08/12/2022] Bapenda Kawal Realisasi Capaian Pajak Daerah Setiap Hari [08/12/2022] Pemko Apresiasi KKN Award 2022 UMRI [08/12/2022] Pimpinan OPD Dijabat Plt, Pj Walikota Tunggu Izin Pusat Buka Assessment [08/12/2022] Donor Darah PMI Kulim-Tenayan Raya Kumpulkan 135 Kantong Darah