Dinkes Pekanbaru Imbau Masyarakat Mencegah Sepsis


Image : Dinkes Pekanbaru Imbau Masyarakat Mencegah Sepsis
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengimbau masyarakat mencegah Sepsis. Ia menjelaskan bahwa Sepsis merupakan manifestasi tubuh terhadap infeksi berat.

Zaini menyampaikan bahwa ada infeksi lokal dan infeksi sistemik. "Jadi kalau Sepsis itu, infeksi sistemik di tubuh sehingga harus dapat pertolongan, karena berakibat fatal," ulasnya.

Dirinya bahwa Sepsis disebabkan infeksi bakteri, maka harus diketahui penyebab infeksinya. Dokter harus mengetahui penyebab infeksinya agar bisa diberi antibiotik yang sesuai.

Apalagi tidak tertutup kemungkinan bakteri itu kebal terhadap antibiotik tersebut. Ia menyatakan bahwa gejala Sepsis adalah demam tinggi.

"Tapi saat kuman sampai di otak sehingga mengatur suhu tubuh dan menjadi penyebab hipotermia sehingga pasien pun menggigil," ulasnya.

Sepsis juga menyebabkan denyut jantung yang tinggi tetapi tekanan darah menurun. Nafas pun lebih cepat hingga mengalami penurunan kesadaran seperti koma.

"Kebanyakan Sepsis menjangkiti pasien dengan infeksi berat seperti diabetes misalnya, daya tubuhnya lemah. Ketika diserang bakteri dan kuman, lebih mudah menyerang ke seluruh tubuh," ujarnya.

Cara untuk mencegah Sepsis tergantung pemicu pasien bisa Sepsis. Apabila butuh antibiotik maka pasien bisa diberi antibiotik.

Sedangkan untuk pencegahan awal dengan cepat membawa pasien ke rumah sakit agar pemeriksaan kesehatan pasien lebih menyeluruh. (Kominfo7/RD2)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[08/12/2022] Pj Walikota Minta Parkir Kendaraan di MPP Dirapikan [08/12/2022] Pembangunan RLH di 9 Kelurahan sudah 100 Persen [08/12/2022] Bapenda Kawal Realisasi Capaian Pajak Daerah Setiap Hari [08/12/2022] Pemko Apresiasi KKN Award 2022 UMRI [08/12/2022] Pimpinan OPD Dijabat Plt, Pj Walikota Tunggu Izin Pusat Buka Assessment [08/12/2022] Donor Darah PMI Kulim-Tenayan Raya Kumpulkan 135 Kantong Darah