BPBD Bentuk 6 Kelurahan Tangguh Bencana


Image : BPBD Bentuk 6 Kelurahan Tangguh Bencana
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU -- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kini telah membentuk 6 Kelurahan Tangguh Bencana di Kecamatan Tampan, Tenayan Raya, Rumbai dan Payung Sekaki.

"Keenam kelurahan tersebut di antaranya Kelurahan Tobek Godang, Palas, Srimeranti, Industri Tenayan, Tirta Siak dan Bandar Raya," ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Senin (23/11).

Keenam Kelurahan Tangguh Bencana, terang Zarman, juga merupakan kelurahan yang rawan terjadinya bencana alam seperti banjir.

Sehingga dengan ditetapkan sebagai Kelurahan Tangguh Bencana, masing-masing kelurahan dimaksud bisa memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

"Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat agar bisa berperan aktif mengurangi resiko bencana," ucapnya.

"Peran serta masyarakat ini diperlukan karena penanganan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi merupakan tanggung jawab bersama," tutup Zarman menambahkan. (kominfo2/rd1)

 


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[23/01/2021] Disperindag Mendata Ada 13 Titik Kumpul PKL yang Bakal Ditata [23/01/2021] Tata PKL, Pemko Siapkan Regulasi Pungut Retribusi [23/01/2021] Pemko Tak Akan Lindungi Pegawai Bermasalah [23/01/2021] Imigrasi Pekanbaru Buka Layanan Pembuatan Paspor di Mal SKA [22/01/2021] Wali Kota Imbau Camat Bisa Gagas Kecamatan Sadar Hukum [22/01/2021] Penanganan Banjir Jangka Menengah, PUPR Rekondisi Sejumlah Drainase