BPBD akan Bentuk Lagi 6 Kelurahan Tangguh Bencana


Image : BPBD akan Bentuk Lagi 6 Kelurahan Tangguh Bencana
Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra S.STP M.Si - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tahun ini akan membentuk lagi sebanyak 6 Kelurahan Tangguh Bencana.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, S.STP., M.Si menyebutkan, saat ini sudah terdapat 6 Kelurahan Tangguh Bencana yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Keenam Kelurahan Tangguh Bencana yang telah terbentuk itu di antaranya Kelurahan Tobek Godang, Palas, Srimeranti, Industri Tenayan, Tirta Siak dan Bandar Raya. Seluruhnya merupakan wilayah yang rawan terjadinya banjir sesaat serta kebakaran lahan.

"Jadi tahun ini kami akan menargetkan 6 kelurahan lagi untuk bisa membantu kami di lapangan. Sehingga nanti ada 12 Kelurahan Tangguh Bencana yang bisa membantu kami mencegah dan menangani dampak kebencanaan," ujarnya, Rabu (15/9).

Disampaikan Zarman, Kelurahan Tangguh Bencana merupakan kelurahan yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

"Untuk itu, masyarakat kita yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana, kalau bisa tanggaplah kalau memang terjadi kebencanaan, baik itu banjir maupun asap," pintanya.

Sejauh ini, lanjut pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Camat Senapelan dan Payung Sekaki ini, pihaknya aktif memberikan edukasi, sosialisasi maupun simulasi penanganan kebencanaan kepada masyarakat yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana.

"Dengan demikian, mereka bisa melakukan penanganan secara dini ketika terjadi kebencanaan. Karena mereka telah kami bekali dengan edukasi maupun simulasi," tutupnya. (Kominfo2/RD1)

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[27/09/2021] DLHK Tetapkan 112 Wadah Sampah [26/09/2021] Belasan RT-RW dan Pengurus PKK Kelurahan Kulim Dikukuhkan [26/09/2021] Kepala DLHK Imbau Masyarakat Buang Sampah Tepat Waktu [26/09/2021] Alat Berat Dinas PUPR Normalisasi Parit di Jalan Pemuda Kecamatan Payung Sekaki [25/09/2021] Camat Kulim Apresiasi Kegiatan Berbagi PAC Pemuda Pancasila [25/09/2021] Pemko Salurkan Bantuan ke Warga Korban Kebakaran Rumah di Kulim