Beberapa Investor Berminat Bangun Pabrik di Kawasan Industri Tenayan


Image : Beberapa Investor Berminat Bangun Pabrik di Kawasan Industri Tenayan
Direktur PT. SPP Heri Susanto - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Beberapa investor telah menyampaikan minatnya dalam membangun pabrik di Kawasan Industri Tenayan (KIT), Kecamatan Tenayan Raya. Pengajuan tertulis dari para investor itu sedang dibahas PT. Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) sebagai pengelola KIT.

"Hari ini, sudah ada beberapa investor yang sudah mengajukan minatnya secara tertulis kepada kami. Ini yang sedang kami matangkan," kata Direktur PT. SPP Heri Susanto, Kamis (10/2).

Para calon investor itu akan membangun pabrik di KIT. Tapi, para calon investor itu mempertanyakan infrastruktur KIT.

"Saat ini, kami dibantu oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) agar disandingkan dengan BUMN. Kami akan bersinergi dengan BUMN untuk membangun infrastruktur KIT," ujar Heri.

Lahan KIT telah diserahkan Pemko Pekanbaru kepada PT. SPP pada 2021. Proses itu disertai dengan penyertaan modal. Sehingga, KIT telah dikelola PT. SPP sejak saat itu.

Sebagaimana diketahui, KIT sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Artinya, KIT masuk dalam program prioritas berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020.

Saat ini, PT SPP sedang melengkapi beberapa hal seperti perbaikan masterplan (rencana induk). Kawasan industri itu butuh infrastruktur mulai dari dalam kawasan hingga pendukung.

"Pembangunan infrastruktur itu tak mungkin menggunakan APBD. Kami butuh dana yang cukup besar, lebih dari Rp1 triliun," ucap Heri.

Anggaran itu untuk infrastruktur dalam kawasan, pengolahan air, pengolahan limbah, jaringan telekomunikasi, dan drainase. Makanya, PT SPP butuh investor. (Kominfo11/RD5)



Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[06/10/2022] BPBD dan Baznas Salurkan Sembako ke Korban Banjir di Pasar Bawah dan Gang Kuantan [06/10/2022] Disketapang Dukung dan Apresiasi KWT Okranusa Lakukan Budidaya Tanaman Okra di Pekanbaru [06/10/2022] Dispora Pekanbaru Hadiri Anjab dan ABK Perangkat Daerah di Lingkungan Pemko Pekanbaru [06/10/2022] Dispora Pekanbaru Ikuti Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Tahun 2022 [06/10/2022] Pemko Pekanbaru Belum Terima Juknis Kebijakan Penghapusan Tenaga Honorer [05/10/2022] PUPR akan Normalisasi Sungai dan Maksimalkan Fungsi Drainase di Pasar Bawah