Bappenas Bantu Pemko Bangun Infrastruktur Kawasan Industri Tenayan


Image : Bappenas Bantu Pemko Bangun Infrastruktur Kawasan Industri Tenayan
Direktur PT. SPP Heri Susanto - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional bersedia membantu Pemko Pekanbaru dalam membangun Kawasan Industri Tenayan (KIT). Tak lama lagi, pengelola KIT, PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) akan bersanding dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur PT. SPP Heri Susanto mengatakan, pihaknya sempat mencari beberapa investor untuk membangun infrastruktur KIT. Pertemuan dengan calon investor juga sudah beberapa kali dilakukan.

"Saat ini, kami dibantu oleh Bappenas agar disandingkan dengan BUMN. Tak kami lagi, kami akan bersinergi dengan BUMN untuk membangun infrastruktur KIT," kata Heri, Rabu (9/2).

Diungkapkan Heri, lahan KIT telah diserahkan Pemko Pekanbaru kepada PT. SPP pada 2021. Proses itu disertai dengan penyertaan modal. Sehingga, KIT telah dikelola PT. SPP sejak saat itu.

Sebagaimana diketahui, KIT sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Artinya, KIT masuk dalam program prioritas berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020.

Saat ini, PT. SPP sedang melengkapi beberapa hal seperti perbaikan masterplan (rencana induk). Kawasan industri itu butuh infrastruktur mulai dari dalam kawasan hingga pendukung.

"Pembangunan infrastruktur itu tak mungkin menggunakan APBD. Kami butuh dana yang cukup besar, lebih dari Rp1 triliun," ucap Heri.

Anggaran itu untuk infrastruktur dalam kawasan, pengolahan air, pengolahan limbah, jaringan telekomunikasi, dan drainase. Makanya, PT SPP butuh investor. (Kominfo11/RD5)



Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[16/07/2024] DP3A Pekanbaru Apresiasi Atas Pengusulan Ranperda KTR [16/07/2024] DPRD Sampaikan Pandangan Umum Fraksi Terhadap 2 Ranperda Usulan Pemko [15/07/2024] Kendalikan Inflasi, Pemko Pekanbaru Lakukan Langkah Antisipasi [15/07/2024] ASN Pemko Pekanbaru Harus Jaga Netralitas Dalam Pilkada 2024 [15/07/2024] Pj Walikota Pekanbaru Turut Ramaikan Riau Bhayangkara Run 2024 [15/07/2024] Pemko Pekanbaru Usulkan 2 Ranperda ke DPRD, Salah Satunya Tentang KTR