Balitbang Kaji Pemulihan UMKM Terdampak Pandemi Covid-19


Image : Balitbang Kaji Pemulihan UMKM Terdampak Pandemi Covid-19
Kepala Balitbang Pekanbaru Masykur Tarmizi - Pekanbaru.go.id
PEKANBARU - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Pekanbaru melaksanakan Sidang Tim Pengendali Mutu (TPM) Proposal Kajian Pemulihan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19. Sidang pengendalian mutu UMKM ini digelar secara daring pada 11 Juni 2021 lalu. 

"Penelitian yang kami lakukan ini merupakan kerja sama swakelola dengan tim peneliti dari Universitas Riau (UNRI) yang diketuai oleh Doktor Hendro Ekwarso. Sidang Tim Pengendali Mutu Proposal ini guna membahas ide, isu, dan keluaran sasaran yang tertuang dalam Idea Concept Paper (ICP)," kata Kepala Balitbang Pekanbaru Masykur Tarmizi, Selasa (15/6). 

Salah satu tahapan dalam penulisan pengkajian yang harus dilaksanakan sesuai dengan Permendagri Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah. 

Tim Pengendali Mutu mempunyai tugas memberikan penilaian atas seluruh rangkaian kelitbangan, melakukan pengendalian sesuai dengan tahapan kelitbangan, dan memberikan saran masukan guna penyempurnaan kelitbangan. 

Hasil dari sidang proposal yang telah dilaksanakan menghasilkan saran dan masukan dari anggota TPM dan pejabat fungsional Balitbang, data yang akan digunakan dalam penelitian adalah penentuan indikator yang akan dipakai dalam penelitian, metode penelitian yang lebih mendetail, serta alat analisis yang lebih holistik dan tepat untuk dipergunakan.

"Dengan adanya sidang TPM proposal ini akan mewujudkan penulisan kajian yang sesuai kaidah dan metode ilmiah untuk menganalisis dan mengevaluasi fenomena terkini yang terkait dengan pemulihan usaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga, hasil dari pengkajian akan bisa memberikan rekomendasi yang strategis dan tepat sasaran untuk OPD terkait," jelas Masykur. 

Sidang ini diikuti oleh seluruh anggota TPM yang terdiri dari Kepala Balitbang, Sekretaris Balitbang, pejabat struktural, dan tenaga ahli dari perguruan tinggi yang ada di Kota Pekanbaru yang terdiri dari Profesor Dedi Afandi, Doktor Firdaus, Doktor Febri Yuliani, dan Doktor M Iksan. Hadir juga seluruh pejabat fungsional Balitbang. (Kominfo1/RD1)

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[12/08/2022] Satpol PP Tertibkan PKL di Ruas Jalan Sudirman dan Arifin Ahmad [12/08/2022] PUPR Pekanbaru Gesa Perbaikan di Jalan Perdagangan [11/08/2022] Tahun Depan, TP2GD Pekanbaru Akan Kembali Usulkan Sejumlah Tokoh Menjadi Pahlawan Daerah [11/08/2022] Maksimalkan Layanan, Diskes Pekanbaru Akan Ajukan Pengadaan Vaksin Kanker Serviks di Mall Vaksin [11/08/2022] Diskop Gelar Pelatihan Menjahit bagi Pelaku UMKM [11/08/2022] Pj Wali Kota Pekanbaru: Ruang Pustaka Setiap Kecamatan