Asisten II Setdako Pekanbaru Hadiri Peluncuran Mesin Serut Lidi di Makodim 0301 Pekanbaru


Image : Asisten II Setdako Pekanbaru Hadiri Peluncuran Mesin Serut Lidi di Makodim 0301 Pekanbaru
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) El Syabrina menghadiri peluncuran mesin serut lidi di Makodim 0301 Pekanbaru - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) El Syabrina menghadiri peluncuran mesin serut lidi di Makodim 0301 Pekanbaru. Mesin serut lidi diresmikan oleh Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung.

"Kami berpartisipasi menciptakan mesin serut lidi. Mesin ini sudah dibuat satu bulan lalu," kata Danrem Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung dalam sambutannya, Rabu (29/6).

Mesin serut lidi ini hasil modifikasi. Saat ini, baru 33 mesin yang disebar di 8 Kodim. "Saya pertandingkan bagi seluruh Kodim siapa yang produksinya lebih besar," ucap Hutagalung.



Sementara itu, Asisten II Sekdako Pekanbaru El Syabrina mengatakan, mesin serut lidi ini sangat bagus. Ia sudah berdiskusi dengan Dandim 0301. Disampaikan bahwa mesin serut lidi ini hasil inovasi.

"Sebenarnya, lidi ini bisa diekspor. Selama ini, masyarakat menyerut sendiri," ucapnya.

Menyerut secara manual tentu butuh waktu yang lama. Dengan adanya mesin serut lidi ini, pekerjaan lebih cepat. Inovasi ini merupakan salah satu bentuk percepatan Program Ekonomi Nasional (PEN) yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Mesin serut lidi ini sangat berarti sekali," ujar El Syabrina.

Usaha serut lidi ini banyak di wilayah pinggiran Pekanbaru, di sekitar perkebunan sawit. Pelaku usaha itu menyerut lidi dari pelepah sawit. "Mereka membuat lidi itu menjadi piring anyaman. Ini merupakan peluang ekonomi," sebut El Syabrina. (Kominfo11/RD5)



Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[18/08/2022] Dishub Masih Sosialisasi Terkait Rencana Kenaikan Tarif Dasar Parkir [18/08/2022] Pemko Pekanbaru Targetkan 37.000 Warga Ikuti Vaksin Merdeka [18/08/2022] Jambore PKK Kecamatan Sukajadi dan Sunatan Masal Berjalan Sukses [18/08/2022] Ribuan Orang Tumpah Ruah Ikuti Gerak Jalan Merdeka di Pekanbaru [18/08/2022] Disperindag Pekanbaru Telusuri Kelangkaan Gas 3 Kilogram [18/08/2022] BPP Gelar Evaluasi dan Bimtek Inovasi Daerah Besok, Narasumber dari Kemendagri