Masyarakat Bisa Cetak Sendiri Akta Kelahiran


Image :  Masyarakat Bisa Cetak Sendiri Akta Kelahiran
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Irma Novrita - Pekanbaru.go.id
 

PEKANBARU -- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Irma Novrita, Jumat (3/7/2020) mengatakan, terhitung 1 Juli 2020 masyarakat dapat mencetak sendiri Akta Kelahiran.

"Akta per 1 Juli sudah bisa cetak sendiri. Kecuali KTP, blankonya beda, kecil. Kalau yang lain, yang namanya pakai hologram tidak ada lagi blanko dengan space khusus untuk efesiensi anggaran. Sekarang sudah dengan IT atau online datanya," ungkap Irma.

Lebih lanjut dikatakan Irma, saat ini pihaknya untuk sementara waktu membuka layanan manual pengurusan akta kelahiran.

Dibukanya layanan manual menanggapi keluhan masyarakat terkait sulit menggunakan layanan online Disdukcapil.

"Makanya kami ambil kebijakan kemaren, khusus untuk pengajuan akta kelahiran, yang mulanya melalui aplikasi atau website sipenduduk.pekanbaru.go.id/layanantunggu. Ya karena banyak keluhan, makanya kita buka (manual), makanya rame datang kemari (ke Disdukcapil)," ujarnya.

"Menurut saya kalau aplikasinya jalan dan masyarakat bisa menggunakannya, tidak perlu datang kesini. Semuanya sudah menggunakan aplikasi," tutupnya.(Kominfo5/RD2)

 

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[25/02/2021] 10.814 Nakes Telah Divaksin, Vaksinasi Dosis Kedua Digesa [25/02/2021] BPP Pekanbaru Raih Peringkat I Berdasarkan IKM [25/02/2021] Dishub Bakal Vaksin Supir Bus TMP [25/02/2021] Ringankan Beban Pemerintah, Elemen Masyarakat Payung Sekaki Buka Akses Jalan [25/02/2021] Bahas Vaksin untuk Lansia, PSMTI Riau Silaturahmi dengan Wali Kota [25/02/2021] Wali Kota Pekanbaru Dorong Seluruh OPD Tingkatkan Kinerja Layanan Publik