Hattrick, Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Pelayanan Prima Nasional


Tiga tahun berturut, pelayanan publik di Pemko Pekanbaru menjadi terbaik nasional. Di tahun 2021 ini, kembali Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru meraih penghargaan pelayanan prima. Namun tidak sendiri, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) juga meraih hal serupa. Keduanya mendapatkan penilaian A dari KemenpanRB.

Selain dua penghargan di atas, secara personal Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T., M.T meraih penghargaan sebagai pembina pelayanan terbaik tingkat nasional. Penghargaan tersebut diterima Walikota Pekanbaru bersama 3 kepala daerah lainnya yaitu Walikota Bandung, Bekasi serta Bupati Badung dari 547 kepala daerah se Indonesia.

Didampingi Sekretaris Kota Pekanbaru, H. M. Jamil, M.Ag., MSi, Walikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, S.T., M.T menerima penghargaan tersebut langsung oleh MenpanRB Tjahjo Kumolo, Selasa (9/3) di Jakarta. Walikota Pekanbaru menyatakan penghargaan ini adalah bentuk keseriusan Pemko Pekanbaru akan pelayanan publik, terutama dimasa pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, pelayanan publik yang kita inisiasi sejak lama diberi penilaian terbaik atau prima. Kedepan, pengghargaan ini dapat terus menjadi motivasi kami dalam pelayanan kepada masyarakat, khususnya dimasa pandemi Covid-19 ini," terang Wako usai menerima penghargan.

Sebagai informasi, penghargaan pelayanan publik ini diberikan KemenpanRB sebagai apresiasi pemerintah daerah dan instansi vertikal atas inovasi dalam pemangkasan birokrasi pelayanan sesuai semangat reformasi birokrasi. Dihadapan penerima penghargan tersebut juga, MenpanRB berpesan kepada kepala daerah untuk dapat menjalankan visi pembangunan secara lurus. Hal ini wajib didukung oleh kepala OPD sesuai dengan arahan kepala daerah.

"Kuncinya itu adalah kreatifitas dan inovasi. Kemudian dukungan OPD dan Kepala OPD penting untuk mencapai visi kepala daerah. Jika kepala OPD tidak mampu mendukung itu, maka ganti saja," tegasnya.

Selanjutnya, MenpanRB Tjahjo Kumolo birokrasi mengingatkan harus dipangkas untuk lebih cepat dalam penanaman investasi termasuk dimasa pandemi guna meningkat ekonomi nasional. Semangat tersebut yang di aplikasikan Pemko Pekanbaru dimana pelayanan publik tetap berjalan dengan baik dimasa pandemi melalui sistem daring.

"Pada dasarnya dimasa pandemi seluruh pelayanan publik terganggu. Namun berdasarkan penilai KemenpanRB, Pekanbaru mengalami penurunan yang sangat rendah dibanding yang lain. Pesan KemenpanRB, kita harus bisa mempertahankan itu karena Pekanbraru sudah menjadi role model nasional dalam hal pelayanan publik," harapnya.(Kominfo/RD)

[Tonton Fullscreen]

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Video Lainnya

Tulis Komentar

[14/06/2021] Pemko Pertimbangkan Penambahan Bus Vaksinasi Keliling [14/06/2021] Ratusan Masyarakat Industri Tenayan Ikuti Vaksinasi di Masjid Al Anshor [14/06/2021] Catat Tanggalnya, Ini Serangkaian Acara Rubrik: 1001 Inovasi Dimasa Pandemi [13/06/2021] Kuota Jalur Zonasi untuk PPDB di Pekanbaru Capai 70 Persen [13/06/2021] TPA Muara Fajar Akan Diawasi Kepala UPT DLHK [13/06/2021] Camat Sail: Masyarakat Apresiasi Vaksinasi Massal