HUT SATPOL PP KE-71 & LINMAS KE-59


Wawako Minta Satpol PP Harus Menjadi Contoh Masyarakat Dalam Penegakan Disiplin

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar upacara HUT ke-71 Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), HUT ke-59 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), pada Senin (8/3/2021). Upacara digelar di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru dipimpin inspektur upacara Wakil Wali kota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi.

"Alhamdulillah hari ini kita (Pemko Pekanbaru,red) bisa mensyukuri hari Jadi Satpol PP dan Satlinmas. Sebelumnya pada tanggal 3 Maret 2021 lalu sudah dilaksanakan secara virtual bersama Mendagri," kata Ayat Cahyadi SSi.

Wawako berpesan kepada jajaran Satpol PP untuk meningkatkan profesionalisme dalam penegakkan aturan terutama di masa pandemi Covid-19. Sumbangsih penting Satpol PP dalam operasi yustisi bersama TNI/ Polri dan tim Satgas patut diapresiasi. no

"HUT Satpol PP ke 71 pada 2021, aparat Satpol PP kota Pekanbaru diharapkan agar meningkatkan profesionalisme. Kita sementara ada dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan menegakkan aturan saat pelaksanaan operasi yustisi, namun dengan tegas dan santun ," katanya, Rabu

Dia menambahkan, tantangan yang dihadapi pemerintah di masa pandemi Covid -19 semakin berat. Peranan Satpoll PP bersama tim Satgas lainnya dalam operasi yustisi memberikan manfaat yang baik.

"Saya tekankan betul, titip kepada rekan-rekan masalah kualitas ini, jangan berhenti untuk berlatih, baik berlatih tentang hal-hal attitude yang dasar seperti masalah sikap, penampilan yang bagus dan rapi, memiliki kemampuan profesional yang baik, tidak kasar. Satpol PP harus menjadi contoh penegakan disiplin," kata Wawako.

Ayat juga berpesan, membangun kualitas organisasi dan SDM sangat penting dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dan legitimasi dari publik. Untuk itu, tambah dia, pengembangan diri perlu dilakukan melalui berbagai cara seperti melakukan studi kasus.

"Seperti pesan Kemendagri ya, Satpol PP juga perlu latihan-latihan yang di luar, outdoor, lakukan juga yang indoor dalam bentuk case study, studi kasus dalam bentuk kelompok, itu harus rajin dilakukan, mungkin mingguan, itu akan membangun kualitas yang lebih baik, profesionalisme," ujarnya.

Di samping itu, Satpol PP dan Satlinmas, selain menjadi mitra aparat keamanan, dan mengemban fungsi pelaksanaan penegakan Peraturan Daerah (Perda) juga memiliki peranan untuk melindungi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. Oleh karenanya, Ayat, juga menekankan agar pengetahuan dan kemampuan khusus perlu dikembangkan untuk mewujudkan organisasi yang berkualitas dan dipercayai publik. (kominfo7)

[Tonton Fullscreen]

Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Video Lainnya

Tulis Komentar

[27/09/2021] DLHK Tetapkan 112 Wadah Sampah [26/09/2021] Belasan RT-RW dan Pengurus PKK Kelurahan Kulim Dikukuhkan [26/09/2021] Kepala DLHK Imbau Masyarakat Buang Sampah Tepat Waktu [26/09/2021] Alat Berat Dinas PUPR Normalisasi Parit di Jalan Pemuda Kecamatan Payung Sekaki [25/09/2021] Camat Kulim Apresiasi Kegiatan Berbagi PAC Pemuda Pancasila [25/09/2021] Pemko Salurkan Bantuan ke Warga Korban Kebakaran Rumah di Kulim