Satuan Polisi Pamong Praja

Pemerintah Kota Pekanbaru

Get Adobe Flash player

Tugas Pokok, Fungsi dan Wewenang

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja bahwa Satpol itu adalah perpanjangan tangan Kepala Daerah Kota/Kabupaten dan bagian dari Pemerintah dalam penegakan Perda,  penyelenggaraan ketertiban umum, serta ketentraman masyarakat.

 

Tugas Pokok Satpol PP

Satpol PP mempunyai tugas dalam penegakkan Perda dan menyelenggaraan ketertiban umum serta ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat.

 

Fungsi Satpol PP

1. Penyusunan program dan pelaksanaan penegakan Perda, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.
2. Pelaksanaan kebijakan penegakan Perda dan Peraturan Kepala Daerah.
3. Pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di daerah.
4. Pelaksanaan kebijakan perlindungan masyarakat.
5. Pelaksanaan koordinasi Peraturan Daerah, dan Peraturan Kepala Daerah, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Penyidik Pegawai Negeri Sipil Daerah, atau aparatur lainnya.
6. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Daerah.
   

Wewenang Satpol PP

1. Melakukan tindak penertiban Non Yustisial terhadap warga masyarakat, aparatur/Badan Hukum yang melakukan pelanggaran atas Peraturan Daerah atau Peraturan Kepala Daerah.
2. Menindak warga/masyarakat, aparatur/Badan Hukum, yang menggangu ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.
3. Fasilitasi dan pemberdayaan kapasitas penyelenggaraan perlindungan masyarakat.
4. Melakuakn tindakan penyelidikan terhadap warga masyarakat, aparatur/Badan Hukum, yang melakukan pelanggaran atas Peraturan Daerah atau Peraturan Kepala Daerah.
5. Melakukan tindakan administratif terhadap warga masyarakat, aparatur/Badan Hukum yang melakukan pelanggaran atas Perda atau Peraturan Kepala Daerah.
   

Agenda Kegiatan

No events

Link Terkait

024263