info@pekanbaru.go.id                        PEKANBARU KOTA BERTUAH
(0761) 47527

Pekanbaru Smart Card Segera Diluncurkan

Pemerintah Kota pekanbaru saat Forum General Discussion bersama Bank Indonesia di Gedung Bank Indonesia Jalan Jendral Sudirman, Kamis(20/4)
Pekanbaru Smart Card Segera Diluncurkan

PEKANBARU— Pemerintah Kota Pekanbaru akan meluncurkan Smart Card untuk satu juta jiwa masyarakat kota Pekanbaru , demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota pekanbaru, Firmansyah Eka Putra ST. MT dalam Forum Group Discussion (FGD) bersama jajaran Pimpinan Bank Indonesia di ruang rapat Bank Indonesia Perwakilan Riau jalan Jendral Sudirman, Kamis (20/4).

“Kita akan terbitkan sebanyak satu juta Smart Card, dan nantinya kartu ini berfungsi sebagai kartu pelayanan Pemerintah Kota Pekanbaru kepada masyarakat Kota Pekanbaru.” Ungkap Eka.

Lebih lanjut Eka menjelaskan bahwa Smart card ini akan memudahkan masyarakat sebagai pengganti uang cash dan penyimpanan data.  “Ini akan mempermudah masyarakat, dengan Smart card ini masyarakat tidak perlu lagi mengisi formulir tetapi dengan menempelkannya saja semua data dari mereka akan langsung terdeteksi. Selain untuk pelayanan, kartu ini juga berfungsi sebagai e-wallet atau dompet elektronik.” Ujarnya

Pemerintah kota Pekanbaru melalui Diskominfo, statistik dan Persandian talah menggelar dua kali FGD , alhasil telah diusulkan 3 Dinas yang akan melaksanakan Program Smart Card ini.

“Kita sudah dua kali melakukan FGD dengan BI, kita telah mengusulkan kepada BI beberapa SKPD yang bisa melakukan pelayan menggunakan Smart Card ini. Diantaranya Dinas kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan.” Katanya.

Eka menambahkan, Tiap Dinas memiliki fungsi yang berbeda dalam penggunaan Smart Card. “Smart card ini sangat berguna untuk tiap tiap dinas yang bersangkutan. Pada dinas Kesehatan selain untuk pelayanan, kartu ini berfungsi untuk menyimpan data dan perkembangan kesehatan pasien, sedangkan pada dinas pendidikan, ini akan diterapkan Smart School yang berfungsi sebagai absensi dan juga pembayaran di kantin sekolah, jadi melalui aplikasi orang tua akan bisa memantau anaknya di sekolah. Dan untuk di Dinas Perhubungan Smart card ini akan kita terapkan di Trans metro pekanbaru, jadi penumpang TMP hanya menggunakan Smart Card sebagai pengganti uang tunai.” Ungkapnya menjelaskan.

Lebih lanjut Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian menjelaskan, kartu ini tidak ada batas usia dan bisa digunakan semua usia dan lebih aman digunakan.

“Untuk uji coba, akan kita targetkan untuk beberapa kecamatan atau sekolah semoga 30 % bisa mengcover seluruhnya. Kartu ini akan mendukung single identity, kelebihannya kartu ini lebih aman dan tidak dibatasi usia tetapi bisa di gunakan dari bayi hingga orang dewasa.

Smart card ini nantinya akan membawa perubahan besar untuk mempercepat Pekanbaru Smart City di Kota Pekanbaru. Eka berharap ini bisa segera dijalankan .

“Jadi kedepan,apapun transaksi menggunakan kartu dan kita mendorong budaya baru menggunakan fasilitas IT. Tahun ini akan kita percepat luncurkan Smard card, selanjutnya kita akan mengadakan FGD ke tiga bersama BI, Mudah – mudahan ini akan segera dijalankan.” Ungkap eka Mengakhiri. (w/kominfoPKU).

 

 

: facebooktwittergoogle plusPinterest