info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Pembinaan Masjid Paripurna Kota Pekanbaru

Pembinaan Masjid Paripurna Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kota Pekanbaru , Azwan Msi membuka acara Pembinaan Mesjid paripurna Kota Pekanbaru dengan tema Masjid Paripurna menuju baidatun thayyiban wa rabbun ghafur di aula kantor walikota, Senin (19/12).

”Pelatihan ini sangatlah penting untuk menjalankan peran sebagai imam besar dan imam rawatif se-kota Pekanbaru, sebagai wadah meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan keagamaan. Tentunya dalam upaya mewujudkan masyarakat Pekanbaru sebagai masyarakat madani yang religius," harapnya.

Dalam sambutannya Azwan berharap para Imam masjid hendaknya menjalankan peran dalam menjalankan fungsi masjid paripurna. Ia meneruskan, Imam masjid paripurna bukan hanya berfungsi sebagai imam sholat berjamaah saja, tetapi ada beberapa peran dan fungsi yang harus di wujudkan imam ditengah masyarakat.

Azwan merinci, yakni sebagai pemersatu umat, kemudian menjadi benteng akidah umat menjadi uswatun hasanah atau suri tauladan bagi umat, menjadi rujukan dalam masalah keislaman dan membangun soliditas umat.

“Oleh sebab itu, Para imam berkewajiban untuk selalu menambah dan memperdalam wawasan ilmu pengetahuannya tentang keislaman dan hapalan Al-Qur’an. Mengingat Imam akan menjadi rujukan dan tempat bertanya tentang keislaman oleh umat dan bermasyarakat, " jelasnya.

Selain itu kepala bagian kesra usai acara  menyatakan bahwa acara pembinaan ini di tujukan untuk seluruh Imam masjid paripurna se- kota Pekanbaru. 

"Akan ada materi dan diskusi tentang peran penting pemerintah dalam pengembangan dan pembinaan Imam masjid dalam menjalankan program masjid paripurna. Akan ada tanya jawab dalam pembinaan ini, sehingga akan menambah pengetahuan juga wawasan," ujarnya.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Ketua MUI Kota Pekanbaru, Imam masjid paripurna se- Kota Pekanbaru dan pejabat dilingkungan kota Pekanbaru. (Wrd/Humas Pemko)

: facebooktwittergoogle plusPinterest