info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

2017 Pekanbaru Berlakukan KIA

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru, Baharuddin
2017 Pekanbaru Berlakukan KIA

PEKANBARU -  Kartu Tanda Penduduk (KTP) khusus anak-anak atau disebut  Kartu Identitas Anak (KIA) akan mulai diberlakukan di Pekanbaru pada tahun 2017 mendatang berdasarkan ketetapan Permendagri Nomor 2 tahun 2016.

"Tahun 2017 seluruh daerah wajib menerbitkan KTP anak (KIA). Untuk cakupan Provinsi Riau baru Dumai sebagai percontohan yang sudah berhasil melakukan perekaman 70 persen," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru, Baharuddin di Pekanbaru, Jumat (28/10). 

Terkait kemampuan Pekanbaru untuk merealisasikan program ini, Baharuddin menambahkan sebenarnya sudah siap jika memang dilengkapi oleh peralatan yang memadai.    Disdukcapil siap asalkan disiapkan peralatan untuk mencetak KIA.  

"Itu tergantung pusat, mudah-mudahan ada anggaran alat dan blangko. Karena yang kita punya terbatas. Masih menunggu petunjuk teknis lanjutan untuk penerapan ini," ungkapnya.  

Menurutnya, pihaknya belum mendapat petunjuk teknis lanjutan. "Nanti bisa saja berubah, kita tunggu saja," katanya

Diketahui KIA akan diterapkan di seluruh Indonesia, sebagai bentuk langkah pemerintah mempunyai kewajiban untuk melindungi hak konstitusional warga termasuk anak-anak.   

Rencananya KIA terbagi dua macam. Pertama untuk anak-anak berusia 0-5 tahun,  yang kedua 5-17 tahun.    Bagi anak warga negara Indonesia (WNI) yang baru lahir, KTP Anak akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akte kelahiran. 

KIA ini berdasarkan ketetapan  Permendagri Nomor 2 tahun 2016 tentang anak-anak atau warga negara berumur di bawah 17 tahun wajib memiliki KTP.

Baharuddin menjelaskan pihaknya mulai mensosialisasikan kebijakan ini kepada masyarakat di Pekanbaru, karena KTP Anak atau Kartu Identitas Anak (KIA) mulai diberlakukan 2017 mendatang.   

"Pemberlakuan KIA sudah dimulai tahun ini pada 50 kota, sebagai percontohan KIA tahun ini daerah yang berhasil melakukan perekaman akte di atas 70 persen," jabarnya.  (Vr/Humas Pemko)

: facebooktwittergoogle plusPinterest