info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527
Tingkatkan Pemerataan Pembangunan

Kecamatan Tampan Sukses Laksanakan Musrenbang

Camat Tampan Nurhasminsyah, S.STP, M.Si (Empat dari kanan) foto bersama usai pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Tampan
Kecamatan Tampan Sukses Laksanakan Musrenbang

PEKANBARU -- Untuk menetapkan rencana dan prioritas pembangunan Tingkat Kota Pekanbaru,  Kecamatan Tampan melaksanan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan, di Aula Kantor Kecamatan Tampan, Selasa (06/02).

Acara tersebut dihadiri Anggota DPRD Kota Pekanbaru Dapil Tampan - Payung Sekaki, Hj Ida Yulianti Susanti dan Romi Sinaga, Bappeda Kota Pekanbaru, Polsek Tampan, Danramil, perwakilan Dinas PU Binamarga, Lurah se- Kecamatan Tampan, Ketua LPM, OMS, RT, RW serta Tokoh Masyarakat.

Adapun tema dari Musrenbang Kecamatan Tampan yaitu  melalui Musrenbang Kita Wujudkan Pembangunan di Daerah Menuju Pekanbaru Smart City Madani.

"Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kelurahan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kelurahan.

Kegiatan ini untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan di Kelurahan " ungkap Camat Tampan, Nurhasminsyah, S.STP, M.Si.

Masukan itu, sebut Hasmin  adalah dasar penyusunan rencana pembangunan kelurahan yang akan diajukan kepada OPD  yang berwewenang sebagai dasar penyusunan rencana kerja bagi OPD pada tahun berikutnya.

"Di Tahun 2018 ini, Kecamatan kita telah bertambah lima kelurahan, yakni Tobek Godang, Bina Widya, Air Putih, Tuah Madani, dan Sialang Munggu . Dan jelas, dengan telah bertambahnya jumlah kelurahan di Tampan , maka kita berharap agar proses pemerataan pembangunan di Kecamatan Tampan bisa lebih cepat demi terwujudnya Kota Pekanbaru Metropolitan Madani yang smart city," sebut mantan Camat Bukit Raya ini .

Dalam Musrenbang ini cukup banyak usulan masalah pembangunan baik fisik maupun non fisik.

Adapun usulan pembangunan yang diutamakan yaitu masalah pendidikan dan kesehatan. Sedangkan masalah pendidikan harus di utamakan penambahan ruang kelas baru.

Dari 961 usulan, kebanyakan usulan pembangunan fisik yang berkaitan dengan masalah banjir dan drainase, apabila dewan mempunyai usul, maka usul tersebut akan digabungkan melalui satu pintu yaitu melalui Musrenbang Kecamatan.

Sementara itu,  Anggota DPRD Pekanbaru Ida Yulianti mengatakan bahwa hasil Musrenbang tersebut membicarakan SDM dan pendidikan serta Puskesmas. Hal ini mengingat Puskesmas tidak memadai lagi dengan jumlah penduduk di Kecamatan Tampan yang begitu padat. Jadi harus ada penambahan sarana bidang kesehatan. "Titik berat dalam musrenbang ini adalah masalah Pendidikan, Kesehatan (Puskesmas). Karena tidak memadai saat ini,  maka dari itu perlu adanya penambahan," sebut Ida.(Kominfo5/RD2).

: facebooktwittergoogle plusPinterest