info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Dewan Kedepankan Ranperda Naker Guna Lindungi Pekerja Lokal

Ilustrasi pekerja
Dewan Kedepankan Ranperda Naker Guna Lindungi Pekerja Lokal

PEKANBARU—Guna menindaklanjuti Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) mengenai Penempatan Tenaga Kerja Lokal dan Ranperda Bantuan Hukum untuk masyarakat tidak mampu, Pansus 3 dan 4 yang diketuai Herwan Nasri mengadakan rapat bersama Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru (Disnaker) Senin (5/2).

Herwan mengatakan, untuk Ranperda Tenaga Kerja Lokal penekanannya adalah melindungi keberadaan tenaga lokal. Selama ini, banyak kasus di Pekanbaru mengenai perusahaan-perusahaan skala nasional yang kurang mempekerjakan tenaga kerja lokal. 

"Ini akan kita akomodir di Perda. Terkait hak mereka, termasuk yang diatur dalam UU no 8 tahun 2016 tentang naker disabilitas. Jadi, seluruh perusahaan yang beroperasi di Pekanbaru wajib menampung minimal 1 persen pekerja disabilitas untuk karyawan mereka. Untuk sanksi, akan kita siapkan pemko serta DPRD bisa mengawal ini," ungkap Herwan.

Sementara itu, Ranperda bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu akan menjadi produk baru di Pekanbaru.

"Kita akan berhati-hati membahas ini sehingga perda ini benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. Kasus seperti apa dan maksimal angka bayarnya berapa, harus jelas dan terukur. Untuk bocoran salah satu syaratnya yakni memiliki surat keterangan miskin," tuturnya. (Kominfo3/RD1)

: facebooktwittergoogle plusPinterest