info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527
Gelar Musrenbang TA 2019

Jadikan Kelurahan Tangkerang Timur Barometer Pembangunan

Jadikan Kelurahan Tangkerang Timur Barometer Pembangunan

PEKANBARU -- Dalam rangka  menetapkan rencana dan prioritas pembangunan tingkat Kelurahan, Kelurahan Tangkerang Timur bersama masyarakat melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2019 di Alam Mayang, Kamis (01/02) lalu.

Turut hadir pada acara tersebut, Anggota DPRD Kota Pekanbaru Dapil III Sail - Tenayan Raya Heri Setiawan, Ruslan Tarigan, Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Lurah Tangkerang Timur Hj. Chuzaimah, SP, Kemudian Ketua LPM Tangkerang Timur, Menhori, serta Ketua RW dan seluruh elemen masyarakat di Kelurahan Tangkerang Timur.

Acara musrenbang Kelurahan Tangkerang Timur dibuka oleh Lurah Tangkerang Timur Hj. Chuzaimah, SP.

Dalam sambutannya Chuzaimah  menyampaikan harapan kepada Ketua RW, LPM dan seluruh elemen tingkat kelurahan agar mengajukan rencana pembangunan sesuai dengan yang sangat dibutuhkan dan jangan terlalu fokus dengan infrastruktur semata. Banyak yang diharapkan masyarakat, seperti contoh masalah ekonomi, sosial, kesehatan, keamanan dan lainnya. Ini berdasarkan musyawarah dari tingkat RT dan RW dengan masyarakat, " ungkapnya.

Lurah Tangkerang Timur yang akrab di sapa Ema ini juga menyampaikan harapannya kepada Anggota DPRD Kota Pekanbaru dan Dinas PUPR Kota Pekanbaru, untuk betul- betul mempedulikan pengajuan Kelurahan Tangkerang Timur dalam hal pembangunan Kantor Lurah Tangkerang Timur yang sudah tidak representatif lagi, sebagai kelurahan yg padat penduduk serta penanggulangan banjir, ini semua sudah diajukan beberapa tahun lalu, ungkap mantan Kasi Umum Kecamatan Tenayan Raya.

Ketua LPM Tangkerang Timur, Menhori menyampaikan paparannya melalui slide proyektor, ia mengajak ketua RW dan RT untuk memahami apa kebutuhan real di lingkungan masyarakat RW nya. 

Ketua LPM dua periode ini memberikan pemahaman kepada Ketua RW dan Ketua RT tentang pengertian Musrenbang yang sebenarnya.

"Kita melaksanakan musrenbang ini untuk melakukan evaluasi apa yang telah dilakukan untuk masyarakat. Kemudian apa yang belum kita lakukan atau apa yang harus kita rencanakan sesuai kearifan Lokal (Lokal Wisdom). Selain itu, Ketua RW harus bisa menggerakkan partisipasi masyarakat dalam membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Seperti melibatkan masyarakat yang punya kemampuan lebih untuk meningkatkan UMKM, menggerakkan rasa kegotong royongan di tengah masyarakat, membina remaja untuk antisipasi kenakalan remaja, menggerakkan 10 Program Pokok PKK," ujarnya.

Dalam paparannya pada musrenbang TA 2019, Ketua LPM Tangkerang Timur mengangkat tema, BERKESAN ( Bersama, Entaskan, Rasionalitas, Kesehatan dan Keamanan  Ekonomi, Sosial, Agama dan Nilai Tambah).

Dimana nilai tambah tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu keunggulan kelurahan Tangkerang Timur dan dapat dipatenkan sebagai Icon dari Kelurahan Tangkerang Timur.
Dimana nilai tambah tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu keunggulan kelurahan Tangkerang Timur dan dapat dipatenkan sebagai Icon dari Kelurahan Tangkerang Timur.

"Semoga Tangkerang Timur menjadi kelurahan tersukses dan dapat dijadikan sebagai barometer bagi kelurahan lain. Terutama dalam bentuk membangun kerjasama RT, RW, LPM dan Lurah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat, " tutupnya.  (kominfo5/RD2).

: facebooktwittergoogle plusPinterest