info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Pasar Tengku Kasyim Beroperasi Pekan Depan

Pasar Tengku Kasyim Beroperasi Pekan Depan

PEKANBARU— Pasar tradisional Tengku Kasyim yang dibangun di Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai akan diresmikan  Rabu mendatang pekan depan (7/2).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Pekanbaru, Ingot Ahmad  Hutasuhut di ruang kerjanya, Kamis (1/2).

"Pembangunan pasar sudah selesai, akan mubazir jika tidak dimanfaatkan, nanti aset - aset di sana bisa rusak kalau dibiarkan kosong. Insya Allah pekan depan pak Walikota akan meresmikan," ujar Ingot.

Dikatakan, pengoperasian Pasar Tengku Kasyim, kata Ingot tidak dibarengi dengan penyerahan aset oleh Kementrian Perindustrian dan Perdagangan. 

Dengan demikian Pemko Pekanbaru belum bisa menarik retribusi dari pengoperasian pasar ini. "Untuk sementara, kita swadaya bekerja sama dengan pihak LPM setempat. Setelah aset diserahkan baru bisa kita hitung potensi PAD-nya," ujarnya.

Di pasar ini sekitar 198 kios yang siap ditempati oleh para pedagang. Namun kata Ingot lagi, untuk jumlah pedagang sendiri masih fluktuatif. "Kemaren pedagang sudah cabut undi untuk posisi kios. Jadi ini masih berproses untuk pendataan pedagang yang harus rampung minggu ini," jelasnya.

Pasar tradisional ini, diharapkan menjadi solusi masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. 

Ingot mengimbau untuk masyarakat agar berbelanja ke pasar dan tidak memilih berbelanja di pasar kaget. "Karena di Pasar Pemerintah asal-muasal barang dijual serta timbangan lebih jelas dan terkontrol," himbaunya. (kominfo04/RD3)

: facebooktwittergoogle plusPinterest