info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Kelurahan Mentangor Mentranformasi UEK-SP Jadi Koperasi

Kelurahan Mentangor Mentranformasi UEK-SP Jadi Koperasi

PEKANBARU— Dalam rangka meningkatkan fungsi dan pelayanan kepada masyarakat, Usaha Ekonomi Kerakyatan Simpan Pinjam (UEK-SP) Kulim Permai yang pada awalnya hanya berupa lembaga Simpan Pinjam di Kelurahan Mentangor (dulu Kulim) Kecamatan Tenayan Raya bertransformasi menjadi koperasi.

Transformasi UEK-SP ini merupakan tuntutan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua UEK SP Ujang Jaya kepada pekanbaru.go.id pada Selasa (30/1). 

“Transformasi UEK-SP menjadi koperasi ini merupakan tuntutan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2013 tentang LKM. Dimana seluruh kegiatan yang sifatnya menghimpun dan menyalurkan dana, itu harus berbadan hukum, bisa PT atau Koperasi,” ungkap Ujang Jaya.

Acara rapat pembentukan Koperasi LKMS UEK-SP Kulim Permai ini digelar di Aula Kantor Kelurahan Kulim, yang juga dihadiri oleh Dinas Koperasi Kota Pekanbaru dan para pemanfaat dana dari UEK-SP.

Lurah Mentangor Bismihayati, SH yang juga merupakan pembina dari UEK-SP menyampaikan dengan dibentuknya koperasi ini maka legalitasnya lebih kuat karena sudah berbadan hukum.

“Dengan dibentuknya koperasi ini, secara legalitas kita lebih kuat, karena selama ini UEK-SP payung hukumnya masih perwako. Untuk kedepannya dengan adanya koperasi yang sudah berbadan hukum ini, kalau nanti ada pemanfaat UEK-SP atau sekarang disebut anggota koperasi yang menunggak, kita bisa ambil tindakan yang bijak lagi," ujar mantan Sekretaris Lurah Kulim ini. (Kominfo5/RD2).

: facebooktwittergoogle plusPinterest