info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Besok, Warga Pekanbaru Bisa Saksikan Gerhana Bulan Total

Besok, Warga Pekanbaru Bisa Saksikan Gerhana Bulan Total

PEKANBARU— Menyaksikan fenomena alam langka sepertinya memang tidak boleh terlewatkan. Nah, Rabu (31/1) besok salah satu fenomena alam langka yaitu gerhana bulan total akan terjadi di Indonesia. Untuk lokasinya sendiri bisa dilihat di seluruh indonesia, termasuk di Pekanbaru. 

Staf Analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Bibin Suliyanto mengatakan warga Pekanbaru tetap bisa menyaksikan fenomena langka ini.

"Untuk fenomena ini memang besok ada 7 fase, mulai dari fase gerhana mulai hingga gerhana berakhir. Namun khusus untuk Riau khususnya Pekanbaru hanya bisa melihat 2 fase saja yakni fase gerhana mulai dan juga fase gerhana sebagian mulai," ungkapnya.

Bibin mengatakan masyarakat juga bisa menyaksikan secara langsung. Dalam artian, tidak menggunakan alat tambahan tetap bisa melihat proses gerhana bulan. 

"Kalau untuk gerhana bulan aman, tidak perlu memakai alat tambahan. Fenomena ini bisa dilihat mulai pukul 17.49 Wib hingga pukul 18.48 Wib," ungkapnya. 

Lebih lanjut Bibin mengatakan fenomena ini bisa dilihat jika cuaca di Pekanbaru cerah. "Kalau dari prediksi kita besok cuaca cerah. Jadi warga Pekanbaru Riau bisa menyaksikan fenomena langka ini," pungkasnya. 

Sementara itu, Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Sady mengatakan, gerhana bulan total adalah pefistiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga cahayanya tidak sampai ke Bulan. Peristiwa ini hanya terjadi pada saat bulan pumama dan dapat dipredlksi sebelumnya.

Durasi dari fase totalitas, yaitu dari fase gerhana total mulai (U2) hingga gerhana total berakhir (U3), berlangsung selama 1 jam 16,8 menit.

"Durasi ini merupakan salah satu durasi totalitas terlama dalam abad ini," sebutnya.

Wilayah Indonesia yang dapat mengamati keseluruhan proses gerhana bulan total adalah Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali. Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua. (Kominfo3/RD1).

 

: facebooktwittergoogle plusPinterest