info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527
Gelar Rapat Dengan PDAM

Sekdako Bahas Percepatan Komitmen

Sekdako Bahas Percepatan Komitmen

PEKANBARU— Dalam rangka  percepatan terhadap pelaksanaan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru H.M. Noer, MBS menggelar rapat bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak, Senin (29/1).   

Rapat tersebut dilakukan untuk mempercepat komitmen dan pembenahan terhadap skema kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dalam pengembangan proyek yang direncanakan dilakukan pada tahun 2019 tersebut.   

"Pembangunan SPAM Pekanbaru nantinya menggunakan skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dengan estimasi investasi Rp480 miliar. Saat ini kita terus melakukan percepatan dan  pembenahan terhadap KPBU untuk bagaimana syarat yang diminta pemerintah pusat dapat dilengkapi secara benar," ungkap  M Noer.

Ditambahkan M Noer,  Pemerintah Pekanbaru sudah menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk terlibat dalam persiapan proyek pembangunan SPAM Kota Pekanbaru. Kerja sama yang dibangun tersebut mulai dari aspek desain teknis hingga penggunaan material impor yang akan diperbaharui sehingga lebih menarik bagi investor.      

"Ada kewajiban dari daerah yang harus disiapkan, baik dalam penyediaan dananya, pendampingan, perizinan dan proses segala macam, termasuk komitmen. Nah, pemerintah pusat kalau tanpa komitmen, mereka tak mau melanjutkan dan ini jangan sampai jadi utang nantinya yang dibebankan pada operasional daerah kita," ujar M Noer.
Diketahui, proyek SPAM Kota Pekanbaru pada awalnya dibangun melalui prakarsa badan usaha (unsoliciated) dengan kapasitas 1.370 liter per detik yang dibagi dalam dua tahap.

Akan tetapi, belakangan terdapat perubahan dalam penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK) dari Walikota Pekanbaru kepada PDAM Kota Pekanbaru sesuai dengan PP No. 122/2015 tentang SPAM. Pemko mendesain ulang menjadi solicited [inisiasi pemerintah 500 liter per detik dengan reservoir 8.500 meter kubik.

Sumber air baku SPAM Pekanbaru ini berasal dari Sungai Siak yang nantinya melayani tujuh kecamatan antara lain Payung Sekaki, Sukajadi, Kota Sail, Senapelah, Lima Puluh Kota, dan Kota Pekanbaru. SPAM ini nantinya melayani 40.000 sambungan rumah termasuk jaringan distribusi yang ada milik PDAM.     

Pembangunan SPAM tersebut merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR mencapai target 100% tersedianya akses air bersih pada 2019. Dengan adanya pembangunan SPAM Kota Pekanbaru, kendala minimnya pasokan air minum untuk beberapa wilayah diharapkan dapat terhenti dan tidak menemukan masalah.

Adapun rencana pembangunan SPAM Pekanbaru termasuk dalam 10 quick win projects yang ditawarkan pemerintah pusat pada 2018. Ke-10 quick win projects tersebut antara lain proyek manajemen sampah regional Nambo, jalan tol Probolinggo-Banyuwangi, jalan tol Serang- Panimbang, jalan tol selatan Jakarta-Cikampek, jembatan tol Suramadu, SPAM Jatiluhur, SPAM Bandar Lampung, SPAM Semarang Barat, SPAM Kota Pekanbaru, dan proyek rumah sakit Sidoarjo. (Kominfo2/RD2).

: facebooktwittergoogle plusPinterest