info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Saat Visi Firdaus Diuji Pada Indonesia Visionary Leader

JAKARTA Pelaksanaan Indonesia Visionary Leader (IVL) 2018 yang digelar Koran Sindo menghadirkan 12 kepala daerah berprestasi di tanah air. Salah satu di antaranya turut hadir Walikota Pekanbaru DR.H. Firdaus, ST.MT. Acara itu berlangsung di Gedung Sindo Jakarta Pusat,  Kamis  (25/1).

Kegiatan IVL ini  digelar sebagai bagian komitmen Koran Sindo dan MNC Group melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang berkualitas serta visioner.

Dalam Kesempatan tersebut, Walikota memaparkan visi-misi pembangunan kota yang dipimpinnya dua periode itu.

Usai memberikan pemaparan, kepada pekanbaru.go.id Wako menyebutkan, bahwa inovasi yang dilakukan membangun Kota Pekanbaru berada dalam dua sisi, yang pertama bagaimana kita membangun masyarakat nya menjadi masyarakat yang berkualitas yaitu masyarakat Madani.

"Yang kedua bagaimana kita membangun Kota Pekanbaru secara fisik dan tata kelola dalam masyarakat smart city, kota yang cerdas, " ujar nya.

Ditambahkan Wako,  sebenarnya ini semua berawal dari cita-cita pendiri bangsa dalam membangun bangsa dan negara menuju kemerdekaan. NKRI dibentuk untuk masyarakat yang adil dan makmur sentosa. 

"Untuk itu kita sebagai pemerintah mampu mewujudkan cita- cita tadi berbangsa dan bernegara agar masyarakat mendapatkan keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan. Baik itu di dunia maupun akhirat. Seperti pada syair lagu Indonesia raya telah disebutkan bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk indonesia raya. Artinya masyarakat madani adalah jiwa bangsa masyarakat yang berkualitas kita beri label menjadi modal pembangunan terutama untuk generasi milenia, generasi masyarakat muda madani yang akan memimpin pekanbaru kedepan dan merebut peluang indonesia," ungkap Walikota Pekanbaru, DR.H.Firdaus,ST.MT

Dijelaskan Wako, kita akan lakukan ekselarasi dalam membangun sumber daya manusia (SDM)  yang berkualitas, Program unggulan Kota Pekanbaru yaitu dalam membangun smart city masyarakat madani dengan enam pilar. 

Yang pertama pemerintah yang cerdas, kedua masyarakat yang cerdas, ketiga lingkungan cerdas,  ke empat ekonomi yang cerdas, kelima mobility, keenam tempat tinggal yang cerdas.   

"Kemudian kita lakukan Pemerdayaan Masyarakat smart poeple dua fokus lingkungan Rukun Warga PMB RW dan Ekonomi Kerakyatan menggerakkan di lingkungan RW kegiatan ekonomi produktif masyarakat yang entrepreneur. Selain itu  tiga elemen (3U) Umarah, Ulama dan Ummat," ujar  Wako.

Walikota berharap setelah IVL 2018 ini akan lahir tidak hanya kepala daerah yang visioner tapi generasi muda yang visioner dengan semangat entrepreneur.

" Mereka bisa membangun bangsa dan negara yang lebih baik dan merebut peluang bangsa ini untuk menjadi negara maju sejahtera. Selain itu,  peluang kita menjadi negara 1 dari 7 negara maju dunia secara ekonomi di tahun 2030," terangnya.

IVL ini digelar sebagai bagian komitmen Koran Sindo dan MNC Group melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang berkualitas serta visioner,

”Program ini dikemas untuk menguji sejauh mana visi sekaligus kompetensi para pemimpin daerah dalam menjalankan pemerintahannya," kata  Pemimpin Redaksi Koran Sindo, Pung Purwanto.

Para peserta IVL, kata Pung, akan menjalani proses penilaian dari para panelis yang sangat kompeten di bidangnya.

Mereka adalah Direktur Jenderal Otonomi Daerah Sumarsono; Rektor Universitas Paramadina Firmanzah. Selain itu, Ketua Indonesia Institute For Corporate Directorship Andi Ilham Said; serta Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute Gun Gun Heryanto.(Kominfo5/Rd2)

: facebooktwittergoogle plusPinterest