info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Disbudpar Promosikan Pariwisata Halal

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Pemasaran, Muhammad Iqbal
Disbudpar Promosikan Pariwisata Halal

PEKANBARU— Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru sedang mempersiapkan rancangan draf Peraturan Daerah (Perda) Pariwisata Halal di Pekanbaru. Nantinya, bukan hanya destinasi yang dipromosikan Disbudpar Kota Pekanbaru melainkan sisi pariwisata muslim.

Hal itu disampaikan Kepala  Disbudpar Kota Pekanbaru, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Pemasaran, Muhammad Iqbal, kemarin.

Dijelaskan Iqbal, bahwa pariwisata muslim yang dimaksud yakni pelayanan dan ada beberapa tingkatan yang bisa diterapkan oleh daerah tujuan wisata di Kota Pekanbaru.

"Saat ini kita sedang susun drafnya bersama ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies) selaku rekan pariwisata. Sedangkan  pariwisata halal itu lebih tepatnya muslim friendly, fasilitas ibadah yang layak dan tujuan destinasi akomodasi ramah muslim. Yang pertama kriteria pariwisata halal. Di antaranya Muslim friendly destination, Muslim visitor arrival, Acces to prayers, Muslim travelers and general savety, Dining option dan halal assurance, kemudian yang terakhir Acomodation option," ungkap  Iqbal.

Iqbal menyebutkan, untuk meningkatkan daya tarik pariwisata di Kota Pekanbaru, maka Pemerintah Kota Pekanbaru merumuskan suatu Ranperda tentang pariwisata halal. Tujuannya yakni untuk mewujudkan Pekanbaru sebagai salah satu destinasi pariwisata halal di Indonesia. 

"Dalam penyusunan kita sudah siapkan fasilitas produk, pelayanan, dan pengelolaan yang memenuhi unsur syariah. Selain itu, tujuan kami agar wisatawan dapat merasakan kenyamanan dan keamanan dalam menikmati kunjungan wisata di Pekanbaru," sebut Iqbal.

Saat ditanya apakah Disbudpar Kota Pekanbaru juga mewajibkan seluruh hotel di Kota  Pekanbaru untuk menyediakan makanan yang halal bagi wisatawan. Dikatakan Iqbal bahwa kuliner halal juga masuk dalam apa yang akan disusun. 

"Tidak hanya hotel, restoran, dan rumah makan juga harus mencantumkan label halal di tempat usahanya. Hal ini untuk  memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang datang ke Kota Pekanbaru," tutup Iqbal mengakhiri. (Kominfo/1).

: facebooktwittergoogle plusPinterest