info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Kelurahan LBT Wakili Pekanbaru Ikuti Lomba PHBS Tingkat Provinsi

Kelurahan LBT Wakili Pekanbaru Ikuti Lomba PHBS Tingkat Provinsi

PEKANBARU— Kelurahan Labuh Baru Timur (LBT) sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti penilaian lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat Provinsi Riau. Acara penilaian tersebut berlangsung di halaman TK Baiturrahman Jalan Durian Gang Baiturrahman Kelurahan Labuhbaru Timur Kecamatan Payung Sekaki, Selasa (10/10).

Dalam persiapan itu , Camat Payung Sekaki, Zarman Candra turun tangan langsung mengecek persiapan masyarakat Kelurahan Labuhbaru Timur Kecamatan Payung Sekaki yang akan dinilai oleh tim juri lomba Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Tingkat Provinsi.

Zarman menyakini apabila masyarakat membiasakan pola hidup bersih dan sehat, maka akan membawa perubahan yang sangat luar biasa di lingkungan kelurahan tempat tinggal.

“Lomba ini adalah sebagai sarana saja. Namun, yang paling penting adalah budaya masyarakat yang selalu membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat” ungkap Zarman dihadapan ibu-ibu Kader PHBS.

Dikatakan Zarman,   sebagai pemerintah kecamatan pihaknya sangat mengapresiasi keinginan hidup bersih dan sehat di kalangan masyarakat sudah mulai tumbuh.  Buktinya, telah terlihat lingkungan kelurahan disini tampak lebih bersih. Begitu juga terlihat ada tanaman sayur mayur semakin banyak yang ditanam.

" Karena indikasinya sudah saya lihat sendiri. Karena di depan setiap rumah sudah menyiapkan tempat cuci tangan tangan dan kaki dengan disiapkan sabun. Asbak juga disiapkan di luar ruangan. Hal ini menandakan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat sudah makin tinggi,” sebut Zarman yang murah senyum ini.

Sementara itu, Lurah LBT  Peri Susanto mengatakan, bahwa pola hidup sehat diterapkan nyata oleh masyarakat di setiap tempat, ini  terbukti mereka sepakat untuk menerapkan lingkungan bebas dari asap rokok.

"Untuk yang merokok pihak kelurahan sudah men SK Kan duta merokok smoking di lingkungan sekitar. Bahkan saat ada orang bertamu ke rumah warga yang merokok hanya diperkenankan untuk merokok di luar rumah,” kata Peri.

Peri menjelaskan, budaya anti rokok ini juga ditindaklanjuti oleh Camat Zarman untuk membuat kebijakan membuat aturan larangan merokok di tempat umum.   

“ Dinas Kesehatan juga menerbitkan Perwako dilarang merokok di tempat umum dan selanjutnya akan dinaikan jadi Perda. ,” ucap Peri.   

Ditambahkan Peri,  semua yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat LBT Kecamatan Payung Sekaki telah mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Saat ini masyarakat di LBT  bersiap untuk menunggu juri PHBS tingkat Provinsi melakukan penilaian. Bagi mereka harapan untuk menang sangat besar,” harap Peri. (Kominfo/1)

: facebooktwittergoogle plusPinterest