info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527
Antisipasi Banjir Pada Musim Hujan

Warga dan Camat Lakukan Gotongroyong Massal

Warga dan Camat Lakukan Gotongroyong Massal

PEKANBARU— Warga RW 03, 04, 06 dan RW 10 Kelurahan Pebatuan , Kecamatan Tenayanraya melakukan gotong royong pembersihan aliran air , Kegiatan ini dilakukan guna untuk mengantisipasi terjadinya Banjir, Ahad (8/10).

Camat Kecamatan Tenayanraya, Abdurrahman didamping Lurah Pebatuan langsung turun ke lokasi dan memasuki hutan-hutan untuk membersihkan parit alam yang selama ini tersumbat, didampingi ratusan warga yang ikut gotongroyong sehingga   banjir yang dirasakan warga selama ini tampaknya dapat terselesaikan. 

" Banjir yang terjadi selama ini karena tidak lancarnya drainase dan parit-parit  yang ada di lingkungan RW 03,04 dan 06, makanya setiap hujan warga kebanjiran. Makanya kita bersama-sama melakukan gotongroyong bersama warga, sehingga aliran tak tersumbat lagi," ujar Abdurrahman.

Dijelaskan Abdurraham,  ia sering menerima laporan dari warga bahwa lokasi mereka terus tergenang air, sehingga menyebabkan kebanjiran. 

"Makanya saya minta kepada lurah untuk bersama warga melakukan gontongroyong massal hari ini. Alhamdulillah semangat warga yang luar biasa akhirnya parit alam yang selama ini tersumbat sudah dapat dilalui air lagi" sebut Abdurrahman.

Dikatakan Abdurahman, setelah melihat ke lokasi ternyata parit alam yang tadinya merupakan tempat aliran air, bisa dimanfaatkan menjadi jalan dengan lebar jalan sekitar 6 meter yang berada di samping pelatihan pertanian Pemko Pekanbaru.

" Selama ini kita tidak tahu bahwa ada lahan yang bisa kita buat sebagai badan jalan, dengan adanya gontongroyong maka, kedepan kita akan meminta kepada Dinas PUPR untuk menjadikan lahan yang ada ini untuk badan jalan yang menghubungkan antara jalan Berdikari dan Jalan Pesantren," ungkap Abdurrahman.

Sambung Abdurrahman, melihat tingginya curah hujan saat ini, kedepan ia  akan mengirimkan surat kepada pihak kelurahan untuk melakukan gontongroyong massal satu bulan sekali. Dengan begitu  sangat membantu masyarakat dari kebanjiran. (Kominfo/1).

 

: facebooktwittergoogle plusPinterest