info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Terapkan Program SIKD

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Terapkan Program SIKD

PEKANBARU—Banyak cara yang dilakukan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjadikan Pekanbaru menuju smart city yang madani. Salah satu terobosan yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota  Pekanbaru. Seperti menerapkan program terbaru yakni Sistem Informasi Kearsiapan Dinamis (SIKD). Sementara itu,  saat ini ada lebih kurang enam komputer yang digunakan oleh pegawai perpustakaan dan kearsipan untuk memproses program informasi kearsipan tersebut. 

Tujuannya program ini dalam rangka menunjang percepatan kinerja berbasis online  sehingga kearsipan bisa akurat dan akuntabel. Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru Ir Hj Nelfiyonna  Msi Kamis (10/8) melalui Sekretaris Syamsuir Ssos mengatakan program Infornasi kearsipan dinamis ini sudah berjalan dengan baik di lingkungan dinas Perpustakaan dan Arsip sekitar beberapa bulan ini.

Sementara program ini untuk percepatan kinerja di internal Dinas Perpustakaan dan Arsip,  sehinga apapun surat yang masuk dan keluar bisa dilihat secara online. Karena dengan adanya program ini maka alur surat bisa dilihat dan diteruskan kemana surat itu akan diposisikan. "Jadi bila ada surat masuk dan akan keluar bisa kita ketahui lebih cepat. Begitu juga kemana surat itu diteruskan bisa dengan cepat sampainya ke pihak yang bersangkutan. Sehingga pengurusan melalui program kearsipan dinamis ini lebih akurat dan praktis, " ungkap Syamsuir. 

Dijelaskan Syamsuir,  selain itu program informasi secara dinamis ini juga bisa dilihat melalui Android , sehingga apa surat yang disampaikan ke bidang bidang lain bisa dipantau dengan cepat. "Bila kita ada surat masuk dan akan diposiaikan ke bidang lain,  maka kadis atau pegawai bisa langsung melihatnya. Dengan begiru,  prosesnya semakin lebih mudah dan akurat datanya, " ujar Syamsuir. 

Lebih jauh dikatakan Syamsuir,  saat ini memang program informasi kearsipan dinamis ini masih di lingkungan Perpustakaan dan Arsip, tetapi jika semua sudah berjalan dengan lancar, maka tidak kemungkinan kedepan akan bisa terkoneksi dengan setiap OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru.

"Sekarang ini baru di internal kita. Tapi,  kedepan kita juga akan berupaya melakukan koordinasi dengan semua OPD dalam kerjasama berbasis online secara terkoneksi. Oleh sebab itu,  perlu dukungan semua pihak, sehingga apapun surat yang masuk dan keluar akan lebih mudah dilihat dengan cepat dan apa isi surat itu,  sehingga bisa ditindaklanjuti," sebut Syamsuir. (Kominfo/1).

: facebooktwittergoogle plusPinterest