info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527

Diskominfo Jajaki Kerjasama Dengan BNI Jakarta

Diskominfo Jajaki Kerjasama Dengan BNI Jakarta

PEKANBARU— Untuk percepatan smart city yang madani,  Pemko Pekanbaru melalui Diskomimfo Statistik Persandian Kota Pekanbaru terus berusaha melakukan pembahasan percepatan pembuatan smart card (kartu cerdas). Plt Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian  Firmansyah Eka Putra melakukan pertemuan membahas tentang pembuatan Smart Card dengan Pimpinan Bank BNI di Jakarta, Kamis (10/8).

Demikian dikatakan Plt  Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka, Jumat (11/8). "Ya kita sudah bertemu dengan pihak bank BNI di Jakarta. Dalam prinsipnya pembicaraan itu menyangkut kerjasama untuk percepatan smart card yang akan kita luncurkan pada tanggal 17 Agustus mendatang, " ujar Eka.

Diterangkan Eka,  Hasil dari pertemuan membahas pembuatan smart card dengan bank BNI sudah hampir final. "Mudah-mudahan pihak bank BNI dalam waktu dekat Ini bersedia bekerjasama untuk percepatan pembuatan amard card ini. Sehingga apa yang kita harapkan pembentukan kartu cerdas ini bisa dilakukan di Kota Pekanbaru ini, " harap Eka.

Ditambahakan Eka,  selain akan melakukan kerjasama dengan bank BNI,  Diskominfo juga terus berkoordinasi dengan bank BRI dan BTN tentang konsep yang sesuai. "Kita upayakan dua bank dalam waktu dekat ini. Tetapi kalau tidak terkejar satu bank dulu. Nanti bank yang lainnya menyusul, " ungkap Eka. 

Lebih jauh Eka menerangkan,  untuk SOP launching, Diskominfo akan berusaha untuk mencetak beberapa sample (contoh)  smart card pada tanggal 17 mendatang. "Untuk tahap awal,  kita akan cetak beberapa smart card. Sementara nanti,  setelah itu baru dibuat secara massal,  sehingga masyarakat bisa memiliki untuk digunakan sebagai kartu pelayanan dan transaksi lainnya, " ungkap Eka. 

Diketahui banyak sekali manfaat kartu cerdas ini. Selain itu,  kartu ini juga  memiliki beberapa fitur sesuai dengan keinginan bank yang memberikan layanan tersebut. Pengunaan kartu cerdas ini tidak hanya bisa digunakan di Pekanbaru,  akan tetapi sudah bisa digunakan juga di seluruh Indonesia. Apalagi kartu cerdas ini penganti ATM. makanya bisa digunakan dimana saja.

Oleh sebab itu,  kartu cerdas ini harus ada di tangan,  sehingga jika melakukan trasaksi akan mudah dan nyaman. Selain itu,  kartu cerdas yang aktif ini  sudah bekerjsama dengan pihak bank,  maka akan mendapatkan discount,  baik di tempat perbelanjaan dan supermarket.

Sementara itu untuk mendapatkan kartu cerdas ini tidak susah. Hanya menyerahkan nomor NIK dan kartu keluarga. "Jadi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kartu cerdas ini siapkan NIK dan kartu keluarga. Sementara itu untuk prosesnya pihak bank yang akan melakukannya, " terang Eka. 

Eka menjelaskan,  semua prosesnya selesai maka pihak bank yang sudah bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru akan membuat konter-konter mesin untuk transaksi. "Layanan konter itu nantinya akan dibuat di bank,  puskesmas,  kantor camat,  lurah,  pasar, di mal-mal serta di tempat keramaian lainnya . Dengan begitu masyarakat yang akan melakukan transaksi semakin cepat,  nyaman dan efesien .Kemudian kegunaan kartu cerdas ini bisa mengurangi  kebocoran, karena tidak mengunakan uang tunai lagi, " ujar Eka. 

Terakhir Eka menyebutkan,  untuk mendapatkan kartu cerdas ini tidak mengeluarkan biaya alias gratis. "Prosesnya mudah dan jika hanya untuk digunakan sebagai pelayanan tidak ada biaya. Namun,  jika ada tambahan seperti fitur untuk menabung serta program lainnya,  maka  pihak bank yang akan memprosesnya ," tutup Eka. (Kominfo/1).

: facebooktwittergoogle plusPinterest