info@pekanbaru.go.id                        TRILOGI | FALSAFAH KERJA PEMERINTAH KOTA PEKANBARU
(0761) 47527
Apel Siaga Bencana Banjir

Wako Minta Semua Pihak Berperan Atasi Banjir

Walikota DR H Firdaus ST MT didampingi Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, dan Kepala BPBD Damkar Pekanbaru, Burhan Gurning, meninjau kesiapan perlengkapan antisipasi banjir.
Wako Minta Semua Pihak Berperan Atasi Banjir

PEKANBARU - Pemko menggelar Apel Siaga, Rabu (2/12/2015) pagi. Melalui Apel Siaga ini, Pemko Pekanbaru bersama segenap jajaran, baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan para Camat untuk sama-sama saling peka dalam mengantisipasi kebanjiran. Hal ini karena mulai meningkatnya curah hujan di Provinsi Riau.

Dalam amanat yang disampaikan Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT, semua komponen mulai dari Tentara Negara Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Lurah, juga mahasiswa dapat berperan dan mengerti akan banjir. "Yang terpenting disini kita harus memahami banjir dan seperti apa dalam kondisi yang bagaimana menjadi perhatian kita," ujarnya.

Wako juga menjelaskan bahwa Pekanbaru memiliki dua tipelogi, yang pertama daerah datar dan berawa, dengan pertumbuhan pembangunan yang pesat, untuk membangun peninggian di lokasi dengan mendatangkan tanah akan terjadi perubahan dan bisa membuat tersumbatnya drainase.

"Jadi untuk mengantisipasi ini para camat dan lurah, sampai ke RT dan RW, tokoh masyarakat dan pemuda harus menjaga di setiap wilayahnya," ujar Firdaus.

Kemudian tipelogi yang kedua, yang harus diantisipasi adalah banjir di bantaran sungai Siak. Menurut Walikota penyebab terjadinya banjir di bantaran sungai Siak, pertama adalah terjadinya pasang surut. Karena dengan volume hujan yang tinggi bertemu debit air di Pekanbaru itulah yang membuat kota banjir. "Maka pengendalian banjir di bantaran sungai kita harus menggunakan pompa, oleh karena itu apabila pompa tidak mampu maka pemerintah kota harus cepat dalam penanggulangan dampak banjir tersebut," sambungnya.

Apel Siaga tersebut dihadiri Oleh jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah Kota Pekanbaru, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Riau, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Kepala Badan, Kepala Dinas serta para Camat dan Lurah se-kota pekanbaru. Walikota berharap agar seluruh Stakeholder untuk selalu siaga dalam menjaga dan memperhatikan lingkungan di sekitarnya. (Humas Pemko)

: facebooktwittergoogle plusPinterest