info@pekanbaru.go.id
(0761) 47527

Kawasan Industri Tenayan Bakal Dibangun Terminal Kargo Dan Pasar Induk

PEKANBARU - Guna mengantisipasi pertumbuhan ekonomi Kota Bertuah yang semakin hari semakin cepat perkembangannya. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah sewajarnya membuat suatu terobosan baru yakni dengan cara menggesah pembangunan terminal kargo dan pasar induk.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bapedda) Kota Pekanbaru Ir. H. syofyan seperti dilansir pekanbaruexpress, Selasa (31/7) ketika ditemui diruang kerjanya mengungkapkan bahwa tahun ini Pemko Pekanbaru berencana bakal memasukkan pengaadaan untuk pembelian lahan pembangunan terminal kargo dan pasar induk dimasukkan dalam Anggran APBD-P 2012.

"Tahun ini kita memasukkan pembelian lahannya dalu setelah itu, tahun 2013 akan dilakukan pembangunan fisiknya", ujarnya.

Syofyan juga menambahkan, Untuk lokasi awal pembangunannya, Pemko sudah merencanakan pembangunan pasar induk dan terminal kargo berada pada kawasan terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS). Akan tetapi melihat perkembangan penduduk di daerah tesebut saat ini tumbuh pesat akhirnya dialihkan pada kawasan KIT.

"Sebelumnya kita memilih BRPS untuk pembangunan pasar induk dan terminal kargo, namun melihat pertumbuhan penduduk disana sangat pesat dan dikhawatirkan dapat mengakibatkan kemacetan pada saat bongkar dan muat barang. Maka kita perlu memindahkan lokasinya pada daerah antara Kecamatan Tenayan Raya dan Bukit Raya yakni Kawasan KIT", terangnya.

Untuk luas lahannya Lanjut Syofyan, Pemko Pekanbaru merencanakan luas lahannya sekitar 14 Hektar. Diantaranya, untuk pembangunan terminal kargo 7 hektar dan lahan pasar induk 7 hektar lagi.

Dengan Keberadaan kawasan tersebut, Sofyan berharap semua barang-barang yang dibawa dengan kontener atau pun sejenisnya dari luar Kota Pekanbaru harus masuk kekawasan itu untuk melakukan pembongkaran. Setelah itu baru dapat disebar-sebar pada seluruh pasar tradisional yang ada dikota Pekanbaru.

Sehingga kedepannya kota Pekanbaru akan lebih tertata lagi dengan bagus dan mobil-mobil besar seperti kontener dan sejenisnya tidak ada masuk untuk melakukan bongkar dan memuat barang dalam Kota dan cukup dikawasan tersebut.
Bagikan: facebooktwittergoogle plusPinterest